Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kenal Budaya Negara Lain? Yuk Baca Dongeng

Kompas.com - 01/03/2020, 05:10 WIB
Albertus Adit

Penulis


KOMPAS.com - Ada banyak manfaat jika kamu suka baca dongeng. Apa saja itu? Ternyata salah satunya bisa mengenal budaya daerah sendiri.

Bahkan, dari dongeng juga bisa mengenal lebih dekat budaya negara lain. Menarik bukan? Tentu saja ini karena dongeng ada banyak manfaatnya.

Jadi, selain bisa mengenal budaya dari daerahnya sendiri, kamu juga bisa menggali budaya daerah lain yang ada di Indonesia.

Meski agak mirip, tetapi budaya tiap daerah itu berbeda-beda. Jadi dengan membaca dongeng dari daerah lain, pengetahuan kamu akan bertambah.

Baca juga: Ini 3 Dongeng Terkenal Karya H.C. Andersen, Pernah Baca?

Mengenal budaya daerah lain kini tak lagi harus datang ke daerah tersebut. Dengan baca dongeng saja kamu sudah bisa kenal.

Ini dia manfaat baca dongeng:

Mengenal budayanya sendiri

Walaupun kamu sudah mengenal budaya yang berkembang di daerah asalmu, tapi tidak ada salahnya jika kamu membaca dongeng cerita rakyat.

Dari dongeng cerita rakyat yang berasal dari daerahmu itu akan membantu kamu mengenal budaya sendiri lebih dekat lagi.

Kamu juga jadi mengetahui kekayaan warisan budaya di daerah asalmu itu. Manfaatnya, kamu bisa memupuk rasa cinta pada daerah asalmu dan memiliki keinginan untuk mempelajari tak hanya budayanya tapi juga sejarahnya.

Setelah mengenal budaya sendiri, kamu pun bisa mengenalkannya pada orang lain lewat cerita rakyat itu.

Mengenal budaya lain

Setelah mengenal budaya sendiri, kamu bisa mengenal budaya dari daerah lain melalui dongeng. Ada banyak dongeng cerita rakyat yang berasal dari daerah lain yang bisa kamu baca.

Bahkan dengan dongeng, kamu juga bisa mengenal budaya negara lain, terutama negara-negara yang menjunjung tinggi budayanya.

Contohnya, jika kamu berasal dari Jakarta, maka kamu bisa mengenal budaya daerah lain dengan membaca cerita rakyat dari Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan lain-lain.

Jika ingin lebih luas lagi, maka kamu bisa baca dongeng yang berasal dari Jepang, Thailand, Korea, Amerika, dan negara lainnya.

Baca juga: 3 Dongeng Legenda Populer di Indonesia tentang Asal-usul Suatu Tempat, Apa Saja Itu?

Tapi, ini sebagai pengetahuan tentang budaya negara lain. Dengan membaca dongeng, pengetahuanmu jadi bertambah luas.

Artikel ini sekaligus menjadi kampanye kolaborasi bersama #MendongenguntukCerdas antara Bobo dan Kompas.com untuk penguatan literasi anak/ siswa Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com