Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Belajar Fotosintesis, bagi Siswa Kelas VII SMP

Kompas.com - 01/04/2020, 15:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selain mendapat materi pelajaran dari guru, siswa yang sedang mengikuti pembelajan daring juga dapat mencari referensi lain yang jelas.

Seperti salah satu materi mapel Biologi ini bisa menjadi bahan untuk belajar siswa kelas VII SMP. Berikut ini materi Biologi tentang Fotosintesis dari konten Sumber Belajar Rumah Belajar Kemendikbud.

Fotosintesis

Tumbuhan sebagai makhluk hidup juga memerlukan nutrisi untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangannya. Cara tumbuhan memperoleh nutrisi berbeda dengan manusia, dan hewan.

Baca juga: Siswa Kelas VII SMP, Ini Mapel Fisika Pesawat Sederhana

Perlu diketahui, tumbuhan mampu memproduksi makanannya sendiri dengan cara yang kita kenal dengan fotosintesis. Karena tumbuhan mampu membuat makanannya sendiri, maka tumbuhan dikenal sebagai organisme autotrof.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui proses fotosintesis.

Proses Fotosintesis

Istilah fotosintesis berasal dari bahasa Yunani, yaitu foto dan synthesis. Foto berarti cahaya sedangkan synthesis berarti menggabungkan atau penggabungan.

Sehingga secara sederhana, fotosintesis dapat diartikan sebagai proses penggabungan zat-zat untuk menghasilkan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan dengan melibatkan cahaya matahari, dan enzim.

Proses fotosintesis ini bisa dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan, beberapa jenis alga dan juga bakteri yang memiliki kloropas untuk menghasilkan energi/nutrisi yang akan digunakan dalam berbagai aktivitas.

Zat-zat yang diperlukan untuk fotosintesis antara lain air, mineral, dan karbondioksida. Cahaya matahari yang digunakan dalam proses fotosintesis adalah spektrum cahaya tampak, dari ungu sampai merah. Selama proses fotosintesis, dihasilkan karbohidrat dan oksigen.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh pada proses fotosintesis antara lain:

  1. Memproduksi zat makanan berupa glukosa. Glukosa merupakan bahan dasar pembangun zat makanan lainnya, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Zat-zat ini menjadi makanan bagi hewan maupun manusia.
  2. Membantu membersihkan udara, yaitu mengurangi kadar CO2 (karbon dioksida) di udara karena CO2 adalah bahan baku dalam proses fotosintesis. Sebagai hasil akhir, selain zat makanan adalah O2 (Oksigen) yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.
  3. Kemampuan tumbuhan berfotosintesis menyebabkan sisa-sisa tumbuhan yang hidup di masa lalu tertimbun di dalam tanah selama berjuta-juta tahun menjadi batubara sehingga menjadi salah satu sumber energi saat ini.

Proses fotosintesis merupakan serangkaian reaksi kimiawi yang sangat kompleks dan rumit. Secara umum para ahli menjabarkan proses fotosintesis menjadi reaksi terang dan reaksi gelap.

Baca juga: Siswa Kelas IV SD, Yuk Belajar Bentuk dan Fungsi Hewan Burung

1. Reaksi terang

Reaksi terang merupakan reaksi fotosintesis yang memerlukan cahaya. Reaksi terang terjadi di tilakoid, yaitu struktur cakram yang terbentuk dari pelipatan membran dalam kloroplas. Struktur tilakoid yang bertumpuk-tumpuk disebut grana.

Membran tilakoid akan menangkap energi cahaya dan mengubahnya menjadi energi kimia. Dalam tahap ini, klorofil menyerap energi cahaya untuk memecahkan molekul-molekul air menjadi hidrogen, oksigen, dan sejumlah energi. Proses pemecahan molekul air disebut juga dengan fotolisis.

Energi kimia yang dihasilkan pada reaksi terang dalam bentuk ATP (Adenosin Tri Phosphat), dan NADP (Nicotinamida Adenin Dinucleotid Phosphat). Energi kimia ini kemudian disimpan dan dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk reaksi gelap.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com