Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Wawancara Kerja Tanpa Persiapan bagi "Fresh Graduate"

Kompas.com - 14/07/2020, 14:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para lulusan baru (fresh graduate) dan ingin bekerja, maka harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan minatnya.

Tetapi, bagaimana jika ternyata kamu tiba-tiba mendapat telfon untuk melakukan wawancara kerja, apa yang harus kamu lakukan?

Padahal, wawancara kerjanya di hari itu juga. Tentu kamu tidak ada persiapan sama sekali. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Baca juga: Fresh Graduate, Ini 7 Tahapan Tes Kerja Berikut Tips Menghadapinya

Merangkum laman Rencanamu.id, ada kiat khusus atau tips yang bisa kamu lakukan dengan cepat. Jadi, jangan sampai kamu menyerah dan menolak untuk tidak hadir di sesi wawancara tersebut.

Tetapi kamu bisa membuat keadaan lebih baik, caranya dengan:

1. Penampilan pantas

Jika kamu tidak sempat menyiapkan pakaian terbaik sesuai standar perusahaan, maka kamu bisa memastikan mengenakan pakaian yang bersih dan pantas, meski biasa saja.

Kamu bisa membersihkan noda pada sepatu, cuci tangan, cuci muka agar wajah lebih segar, sisirkan rambut atau rapikan kerudung (bagi wanita), dan perbaiki tampilan baju.

Jangan sampai badan/baju berbau tidak sedap atau malah wanginya menyengat karena kebanyakan pakai parfum.

2. Browsing di internet

Sambil menunggu giliran wawancara, kamu bisa browsing mengenai perusahaan tersebut. Tetapi jika waktu mepet, maka tidak perlu memaksakan riset dadakan ini.

3. Jangan hafal semua informasi

Ketika kamu sempat membaca-baca mengenai profil perusahaan itu, maka lakukan dengan santai. Jangan memaksakan untuk membaca semua informasi. Apalagi menghafalnya.

4. Fokus pada diri sendiri

Tujuan utama wawancara kerja ialah mengenal dan menggali dirimu. Coba untuk mengingat dan menghafal CV-mu. Tanpa latihan, kamu tetap bisa menjawab pertanyaan mengenai dirimu.

5. Fokus di bidang kamu lamar

Karena kamu belum paham soal perusahaan, maka kamu harus paham bidang yang dilamar. Misalnya keuangan, maka nanti akan banyak pertanyaan seputar pekerjaan tersebut.

6. Coba bertanya

Jika dalam wawancara ada pertanyaan, "Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami?" Kamu bisa menjawab dengan netral, "Kandidat seperti apa yang perusahaan Anda cari?"

7. Berikan kesan pertama yang baik

Ketika wawancara kerja, kamu bisa menyapa, menatap, tersenyum, dan tetap profesional. Gestur semacam ini akan membantu suasana wawancara lebih menyenangkan.

8. Harus bisa move on

Saat ada pertanyaan yang ternyata kamu tidak bisa jawab, atau malah jawabanmu tidak memuaskan, maka jangan panik. Usahakan kamu harus bisa move on.

Baca juga: Fresh Graduate Ingin Wawancara Kerja? Perhatikan 5 Tips Ini

Ini karena masih dalam sesi wawancara. Jadi, kamu masih bisa menebus kekuranganmu dengan memberikan jawaban di pertanyaan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com