"Fresh Graduate" Ingin Wawancara Kerja? Perhatikan 5 Tips Ini

Kompas.com - 11/03/2020, 12:11 WIB
Ilustrasi wawancara kerja DragonImagesIlustrasi wawancara kerja
|


KOMPAS.com - Beberapa kendala sering dialami para pencari kerja. Apa saja itu? Selain psikotes, ada satu "momok" yang menakutkan khususnya bagi para fresh graduate.

Tes wawancara kerja. Tes yang satu ini banyak dirasakan para pelamar kerja jadi kendala serius. Sebab, para fresh graduate belum banyak pengalaman untuk yang satu ini. Atau malah belum pernah ikut wawancara kerja.

Biasanya, wawancara kerja terdiri dari dua tahap, yaitu wawancara kerja HRD dan wawancara kerja User. Penyebab tidak lulusnya wawancara kerja tentu karena kurangnya persiapan.

Sehingga, saat wawancara orang menjadi gugup dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan orang yang mewawancarai.

Baca juga: 7 Kiat Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate

Tapi, sebenarnya ada beberapa tips agar para pencari kerja bisa sukses saat menghadapi wawancara kerja. Berikut 5 tips jitu mengahadapi wawancara kerja yang dirangkum dari laman resmi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI).

1. Survei dulu lokasinya

Jika kamu belum tahu lokasi untuk wawancara, sebaiknya survei dulu tempatnya. Hal ini dilakukan agar pada saat hari H kamu tidak sibuk atau kebingungan mencari lokasi wawancara kerja.

Ini juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja terjadi ban bocor di jalan. Tentu akan membuat psikis kamu terganggu.

2. Datang lebih awal

Agar bisa menyiapkan diri dengan baik, jika sudah tahu lokasinya maka sebaiknya kamu datang lebih awal ke lokasi wawancara kerja. Maksimal ialah 10 menit sebelum jadwal kamu wawancara.

Ini bermanfaat bagi kamu agar bisa mendinginkan pikiran atau membuat santai diri, sehingga kamu tidak "tergopoh-gopoh" yang menyebabkan berkeringat dan gugup saat melakukan wawancara.

3. Coba siapkan jawaban atas pertanyaan

Agar sukses saat wawancara kerja, kamu harus menyiapkan jawaban atas pertanyaan wawancara kerja. Ini penting dilakukan agar dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X