Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2020, 09:36 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Jawa Tengah (Jateng) memastikan diri meraih posisi juara umum Lomba Kompetensi Siswa (LKS) 2020 yang digelar 18-23 Oktober 2020 dengan raihan sembilan medali emas, sepuluh perak dan tujuh perunggu.

Posisi kedua diraih Provinsi Jawa Timur dengan sembilan medali emas, enam medali perak, dan empat medali perunggu. Selanjutnya, juara ketiga diraih oleh Provinsi DKI Jakarta dengan perolehan delapan medali emas, tiga medali perak, dan sembilan medali perunggu.

"LKS merupakan sarana merangkai mimpi, mengasah keterampilan, sekaligus membangun kepercayaan diri, relasi, serta kemandirian," ujar Dirjen Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto melalui virtual pada saat menutup acara di Bandung, pada Jumat (23/10/2020).

Ia berharap gelaran LKS SMK 2020 tidak sekadar menjadi kompetisi tahunan namun juga menjadi sarana bersama memerdekakan diri dari belenggu keterbatasan menjadi bangsa lebih mandiri dalam menghadapi tantangan yang semakin berat di masa depan.

Baca juga: Penutupan FIKSI 2020, Mendikbud: Siswa Tetap Kritis dan Kreatif di Tengah Pandemi

Mandiri dalam belajar

Wikan mengungkapkan, dalam melahirkan karya suatu bangsa baik produk teknologi, fesyen, seni, industri kreatif, produk kuliner, dan lainnnya lahir dari siswa-siswi Indonesia terutama SMK.

Dia juga mengatakan menjadi juara LKS bukan tujuan akhir bagi siswa SMK tetapi para peserta ke depan dituntut untuk menghasilkan produk yang mampu merajai pasar global.

"Kalau kita masih menjadi penikmat drakor (drama korea), kalau kita masih menjadi penikmat film-film kartun dari luar negeri, kalua kita masih menjadi pengimpor alat-alat teknologi, maka kelak adik-adik (siswa SMK) yang akan membalikkan itu semua, karya adik-adik (siswa SMK) akan digunakan oleh orang sedunia," tutur Wikan.

Menjadi juara, lanjut Wikan, adalah satu hal, sementara menjadi merdeka untuk lebih mandiri dalam belajar dan berkarya adalah hal lain yang bisa menciptakan multiplikasi peluang perubahan besar untuk terjadi.

Spirit perlombaan ini, kata dia, senantiasa menjiwai adik-adik supaya tetap memberikan performa dan karya terbaik, baik di sekolah, di rumah, di tempat kerja, dan di masyarakat.

"Selain itu, tetap jaga relasi dan kolaborasi. Rekan sekolah, guru, kepala sekolah, keluarga, rekan sejawat bahkan kompetitor lain adalah bagian-bagian penting yang senantiasa saling mendukung untuk maju bersama," katanya.

Siswa KIP unjuk prestasi

Pada ajang bergengsi tingkat nasional bagi siswa SMK ini, telah melahirkan 168 juara di 42 bidang lomba dari total peserta sebanyak 932 peserta.

Menariknya, sebanyak 20 siswa SMK penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) mampu meraih prestasi di ajang ini dari total 111 siswa SMK penerima KIP dari berbagai sekolah di seluruh Indonesia.

Empat siswa penerima KIP dari kontingen Jawa Tengah yang mendapat medali yakni Naufal Hanif dengan medali emas di bidang lomba Industrial Control dan Imam Tantowi Yahaya dengan medali emas bidang lomba Mechatronics.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, 7 Kampus Ini Raih Prestasi Nasional dan Internasional

 

Sedangkan medali perak bidang lomba Restaurant Service diraih oleh Lasmi Yatun dan medali perunggu bidang lomba cabinet making diraih oleh Arif Suyipto.

Seluruh juara pada ajang ini akan mendapatkan penghargaan, beasiswa dan hadiah menarik dari berbagai dunia industri, di antaranya dari Djarum Foundation, Amazon Web Service, PT. Astra Otopart, Tbk., dan PT. Kawan Lama.

LKS 2020 kali ini melibatkan 34 Ketua Kontingen Provinsi, 812 guru pembimbing, 145 juri atau expert, dan 65 orang panitia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com