7 Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Paparan Gawai bagi Siswa

Kompas.com - 26/10/2020, 08:46 WIB
Siswi SD (Sekolah Dasar) belajar menggunakan sistem daring (online) di Jakarta Timur, Kamis (19/3/2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mengembangkan sistem pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk menekan tingkat penyebaran wabah COVID-19 yang kian masif di Indonesia. ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAHSiswi SD (Sekolah Dasar) belajar menggunakan sistem daring (online) di Jakarta Timur, Kamis (19/3/2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mengembangkan sistem pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk menekan tingkat penyebaran wabah COVID-19 yang kian masif di Indonesia.
|

KOMPAS.com - Dalam masa pandemi Covid-19, semua aktivitas banyak dilakukan dari rumah. Tak terkecuali siswa yang kini ikut pembelajaran jarah jauh dari rumah.

Karena semua pelajaran disampaikan guru melalui ponsel, gawai, atau komputer, maka anak atau siswa harus terbiasa dengan benda tersebut.

Sebab, gawai menjadi salah satu kebutuhan bagi pelajar untuk menghubungkan mereka dengan guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Namun jika digunakan terus-menerus, gawai akan merusak mata kita. Maka dari itu, diperlukan tips untuk menjaga kesehatan mata walau harus berhadapan dengan gawai.

Baca juga: Disdik Jabar Ajak Siswa Tak Terbawa Arus Negatif

Apa saja itu? Melansir akun Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar), Minggu (25/10/2020), ini dia tipsnya.

1. Jaga jarak

Menjaga jarak dengan gawai adalah hal yang penting. Maka usahakan memberi jarak 30-50 cm.

2. Atur kecerahan layar

Cahaya dari gawai yang kurang atau berlebihan dapat membahayakan mata, pastikan mendapat penerangan yang cukup.

3. Mata istirahat

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X