Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Permudah Dapat Kerja bagi "Fresh Graduate" Minim Pengalaman

Kompas.com - 23/11/2020, 09:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Baru lulus kuliah atau menjadi fresh graduate tentu senang karena telah menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Tapi, ada kekhawatiran lain yang biasa dihadapi fresh graduate.

Yakni harus memikirkan mencari pekerjaan. Bahkan harus bersaing dengan mereka para pencari kerja yang telah memiliki pengalaman.

Sementara ada beberapa institusi penerima kerja yang memberikan syarat para pelamar kerja berpengalaman, minimal satu tahun di bidangnya.

Akan tetapi, ada cara yang bisa dilakukan fresh graduate untuk menarik perhatian perusahaan penerima kerja. Tentu salah satunya ialah memiliki beberapa keterampilan.

Baca juga: Jadi Fresh Graduate? Jangan Minder, Ini Lho Keunggulanmu...

Melansir akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Minggu (22/11/2020), ini 4 tips mudah dapat kerja bagi fresh graduate minim pengalaman.

1. Buat CV dan resume kreatif

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai fresh graduate agar bisa mencuri perhatian HRD perusahaan adalah membuat surat lamaran kerja (resume) dan curriculum vitae (CV) semenarik mungkin.

Perhatikan pula penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf dicetak tebal, dan tata kalimat sedemikian rupa, sehingga poin-poin penting yang menjadi isi lamaran kerja kamu tersampaikan.

2. Berani dan tidak takut gagal

Sebagai seorang fresh graduate, ditolak di suatu perusahaan adalah hal biasa. Hal ini jangan membuat kamu jadi patah semangat.

Sebab, masih banyak fresh graduate yang memiliki pengalaman kerja tetapi juga ditolak berkali-kali ketika melamar pekerjaan.

3. Awali karir jadi anak magang

Tidak punya pengalaman belum tentu tidak bisa bekerja. Karena itu kamu bisa mencoba menyalurkan ilmu, kemampuan, kelahlian, dan keterampilan yang didapat saat kuliah dengan mendaftar magang terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu punya pengalaman bekerja yang bisa menjadi poin penting untuk dideskripsikan di surat lamaran kerja maupun CV.

4. Asah keterampilan

Jadi fresh graduate itu kini wajib punya berbagai keterampilan. Meski kamu belum punya pengalaman kerja, tetapi kamu harus bisa punya keterampilan.

Baca juga: Calon Sarjana Olahraga, Ini Peluang dan Tantangan Lulus Kuliah Nanti

Karena itu, mulai sekarang harus mengasah keterampilan atau dengan mencoba keterampilan baru. Ini agar kamu bisa bersaing dengan orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com