Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkapkan Kasih Sayang, Bantu Perkembangan Anak Lebih Optimal

Kompas.com - 13/02/2021, 15:12 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di negara barat, tiap tanggal 14 Februari diperingati sebagai Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang. Di kehidupan berkeluarga, mengungkapkan kasih sayang perlu dilakukan setiap hari.

Di tengah kesibukan orangtua yang bekerja, memberikan perhatian dan kasih sayang jangan sampai terlewatkan. Bahkan sebisa mungkin, orangtua juga mengungkapkan secara verbal dengan mengatakan, "Ibu sayang kamu nak" atau "Ayah sayang kamu nak".

Kebiasaan sederhana ini tentunya bisa menyakinkan anak jika orangtuanya akan selalu hadir untuknya.

Melansir laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, sebagai orangtua memperhatikan merupakan sebuah kewajiban dan hal itu juga menjadi kebutuhan anak-anak.

Bahkan perhatian dan kasih sayang orangtua merupakan kunci kesuksesan bagi anak. Namun memberikan perhatian dan kasih sayang ini tidak perlu dilakukan secara berlebihan. Dalam hal ini berarti kasih sayang diberikan sesuai kebutuhan si anak.

Baca juga: Bukan Eksploitasi, Ini Pekerjaan Rumah yang Sesuai Usia Anak

Perhatian dan kasih sayang orangtua merupakan motivasi paling utama bagi anak untuk menyelesaikan segala masalah yang dihadapi.

Untuk bisa memberikan perhatian dan kasih sayang yang baik, ada tiga hal yang perlu dipahami.

1. Perhatian dari orangtua sangat dibutuhkan

Bagi anak mendapatkan perhatian dan kasih sayang, membuat mereka merasa nyaman terhadap keluarganya.

Perhatian dan kasih sayang orangtua sangat dibutuhkan di setiap perkembangan anak sehingga membuat mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok dengan kepribadian baik.

2. Jangan dahulukan emosi

Sebagai orangtua, merasa lelah dan penat dengan rutinitas menjadi hal yang wajar. Namun jangan mendahulukan emosi jika merasa lelah. Perlu dipahami jika mengasuh anak memang melelahkan.

Tetapi jangan sampai terbawa emosi dan melampiaskannya pada anak-anak. Terutama pada saat mereka mengeluh dan meminta bantuan orangtuanya.

Baca juga: Sering Bertengkar di Depan Anak? Ini Dampaknya Menurut Sosiolog UGM

Dalam hal ini, orangtua dituntut untuk bijak dan sabar dalam menghadapi anak. Perlu diingat juga jika anak-anak sangat membutuhkan bantuan orangtua. Khususnya dalam menyelesaikan masalah yang dialami.

3. Berikan hak anak

Setiap anak mempunyai hak yang sama untuk mendapat perhatian dan kasih sayang. Bagi orangtua yang memiliki anak lebih dari satu juga harus memberikan kasih sayang dengan proporsional.

Baik bagi anak yang masih kecil ataupun yang sudah besar. Jika anak yang paling besar memiliki banyak adik, maka si sulung jangan diabaikan begitu saja.

Baca juga: Ragam Manfaat Anak Pelajari Bahasa Asing Menurut Psikolog

Hak setiap anak harus dipenuhi orangtua karena melalui hak tersebut, anak akan tahu kewajibannya. Jika hak dan kewajiban tersebut bisa berjalan selaras, diharapkan bisa membantu perkembangan tiap anak menjadi lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com