Kompas.com - 13/02/2021, 12:21 WIB
Gambar anak bisa merupakan indikator bakatnya shironosovGambar anak bisa merupakan indikator bakatnya
|

KOMPAS.com - Menghabiskan akhir pekan di rumah saja bukan berarti hari berlalu dengan rasa bosan. Di tengah pandami Covid-19, orangtua harus memutar otak agar anak tidak merasa jenuh karena harus di rumah. Salah satunya dengan mencari kegiatan mengasyikkan yang bisa dilakukan bersama.

Dengan aktivitas yang dilakukan bersama, kedekatan dan kehangatan antara orangtua dan anak bisa tetap terjaga.

Kehangatan di tengah keluarga ini ternyata bisa mendukung perkembangan anak lebih optimal.

Melansir laman kagama.co, menurut Psikolog Perkembangan Anak Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr. Aisah Indati, M.S, seorang anak bisa dikatakan tumbuh berkembang secara optimal jika kondisi seseorang yang memiliki kecerdasan emosional maupun spiritual.

Membantu perkembangan anak lebih optimal

Selain itu mampu memahami kelebihan dan kekurangan diri serta cepat beradaptasi. "Perkembangan yang optimal, akan tercapai apabila anak memperoleh stimulasi yang bervariatif," kata Aisah Indati seperti dikutip dari laman Kagama.co, Sabtu (13/2/2021).

Baca juga: Ragam Manfaat Anak Pelajari Bahasa Asing Menurut Psikolog

Stimulasi yang bisa diberikan kepada anak ada beberapa macam. Misalnya stimulasi yang bersifat motorik, emosi, sosial, serta pengamatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aisah Indati menekankan, penting bagi orang tua untuk memberikan perhatian dan pengawasan bagi perkembangan tumbuh kembang anak. Terutama di masa keemaasan (golden age). Yakni usia 0 sampai 5 tahun.

Pada masa keemasan ini, sambung Aisah, dibutuhkan beberapa stimulasi dari lingkungan sekitar. Supaya anak mengalami perkembangan yang optimal. "Salah satunya dengan bermain dan belajar,” ungkapnya.

Berikan beberapa stimulasi yang  bervariatif

Menurut Aisah Indati, di masa pandemi anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gawai dan menonton televisi. Apalagi jika kedua orangtuanya atau orang dewasa di sekitarnya sibuk bekerja.

Namun di tengah kesibukan orangtua, diharapkan tetap mengupayakan memberikan perhatian dengan interaksi dan pengawasan.

Baca juga: Kenalkan Pendidikan Seks pada Anak Melalui Lagu Lindungi Diri

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.