Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Ceria, Ragam Aktivitas agar Puasa dan Lebaran Lebih Menyenangkan

Kompas.com - 22/04/2021, 16:45 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Renny Yaniar | Editor: Maria Silabakti, buku anak Penerbit Grasindo

KOMPAS.com - Selamat datang bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu umat Islam di seluruh dunia.

Bulan kerahmatan bagi umat muslim, yang selalu datang setahun sekali. Selama Ramadan, semua umat muslim diwajibkan puasa. Yakni, menahan lapar, haus, dan hawa nafsu.

Umat muslim, di bulan ini juga diminta memperbanyak perbuatan baik seperti peduli sesama terlebih pada kaum fakir miskin, dan membantu siapapun yang memang perlu bantuan.

Ada kisah dibalik bulan istimewa ini. Karena, di bulan Ramadhan, Al-Qur’an diturunkan. Dari 30 hari waktu berpuasa, ada satu malam yang lebih baik dari 1.000 bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Sungguh bulan yang penuh berkah.

Baca juga: Intip Kisah Lain Putri Kaguya, Berbeda dari Naskah Lawasnya

Setelah Ramadan, kita merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Biasanya, menjelang Lebaran banyak orang pulang ke  kampung halaman untuk berjumpa dengan orang tua dan sanak saudara, melepas rindu dan bermaaf-maafan.

Hanya saja, dua tahun ini yakni pada puasa dan Idul Fitri tahun 2020 dan tahun 2021 menjalani bulan Ramadan dan merayakan idul fitri tak sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Serangan virus Covid 19 pada Maret tahun 2020, membuat cara hidup manusia agak terbatas dan banyak hal harus diubah untuk menghindari ancaman virus ini.

Kita harus mengikuti protokol kesehatan agar penularan penyakit tidak menyebar. Lalu, bagaimana cara kita bersilaturahmi?

Tentu melalui kecanggihan alat-alat teknologi, antara lain telepon seluler untuk mengirim pesan, foto, atau berbicara melalui panggilan video. Walau kita tidak dapat bertemu langsung dengan kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, dan keluarga besar, mereka selalu ada di hati kita.

Baca juga: Intip Kehidupan Geisha Lewat Menu Andalan Koki Jepang

Agar lebaran semakin seru meski beraktivitas secara terbatas, ada baiknya membaca buku Lebaran Ceria.

Buku ini, mengajak kita berpuasa dan berlebaran dengan menyenangkan, dan lebih semangat. Sentuhan masing-masing halaman membuat hati siapapun yang membaca akan lebih hangat.

Dilengkapi dengan enam aktivitas menarik, yaitu membaca, menulis, menjawab pertanyaan, mewarnai gambar, membuat kartu lebaran, dan belajar bahasa Inggris, maka lebaran tahun ini akan terasa seru.

Selamat beraktivitas dan saling mendoakan agar kita sehat dan keadaan membaik hingga segalanya normal kembali.

Penasaran? Cek sini: https://www.gramedia.com/products/lebaran-ceria

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

Pengen beli buku/komik ini tetapi dompet tetap aman? Klik ini:
http://bit.ly/voucher_artikel

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com