Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menghubungi Dosen, Mahasiswa Baru Harus Tahu

Kompas.com - 19/09/2021, 20:14 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa baru, selama pandemi Covid-19 tentu kalian masih terus menerapkan perkuliahan online. Namun saat ini, beberapa kampus mulai membuka opsi kuliah tatap muka.

Artinya, kalian akan berinteraksi dengan teman kuliah hingga dosen lebih dekat ketimbang melalui online. Tentunya, saat di kelas nanti ada kebutuhan untuk berkomunikasi dengan dosen semakin meningkat ketika ada tugas dibanding online.

Baca juga: Robot Penyelam Karya Mahasiswa ITS Borong 6 Penghargaan

Namun untuk menghubungi dosen ada etika yang harus dipahami oleh mahasiswa. Berbeda saat kamu mendapat perkuliahan dari dosen secara online. Termasuk, kamu harus paham jika menghubungi dosen tentunya tidak mungkin menggunakan bahasa santai di pergaulan sehari-hari.

Supaya tidak menyinggung dosen, baik saat tatap muka atau menghubungi online, ada tips untuk kamu bagaimana menghubungi dosen yang baik dan sopan.

Dikutip dari Twitter resmi Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek, berikut ini adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengirim pesan kepada dosen agar mahasiswa tidak perlu lagi takut ataupun bingung.

1. Cari Waktu yang Tepat

Pastikan waktu yang kamu pilih merupakan jam kerja. Jangan terlalu malam agar tidak mengganggu. Pastikan juga kamu tidak terus-terusan mengirim pesan dalam waktu yang berdekatan. Tunggu hingga dosenmu membalas. 

2. Ucapkan Salam Terlebih Dahulu

Sangat penting bagi mahasiswa mengucapkan salam. Jangan langsung to the point menulis apa yang kamu hendaki dari dosen. Mengucapkan salam, bagian dari etika. 

Baca juga: Mahasiswa, Kemendikbud Ristek Beri 6 Kiat Mendapatkan Beasiswa

Entah ke dosen, keluarga, teman, salam adalah hal utama saat bertemu. Ucapkan salam di awal kalimat dengan menyesuaikan waktu dalam mengirim pesan

3. Perkenalkan Diri

Bagaimanapun, memperkenalkan diri tetap menjadi bagian dari etika. Jangankan dosen. Saat bertemu orang lain pun jika tidak memperkenalkan diri pastinya akan terasa kurang baik dan orang lain juga tidak akan berusaha memahami kamu.

Perkenalkan diri dengan menyebutkan nama, tahun angkatan, jurusan dan mata kuliah yang bersangkutan sebelum mengatakan maksud dan tujuan

4. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Poin ini, juga menjadi poin utama. Perhatikan penggunaan gaya bahasa dan tanda baca yang baik, dan tetap dalam konteks yang formal. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com