Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2021, 13:17 WIB
A P Sari,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kemajuan teknologi telah menjadi salah satu faktor yang memengaruhi dunia tenaga kerja.

Tidak dipungkiri bahwa industri kerja Tanah Air selalu berkaitan dengan teknologi. Hal ini membuat kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) berkualitas semakin meningkat.

Tren information technology (IT) pun dijadikan patokan generasi muda dalam memilih jurusan kuliah demi prospek pengembangan karier cemerlang pada masa depan.

Salah satu jurusan yang mengikuti tren tersebut adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurusan ini sangat kompatibel di berbagai bidang industri, karena cakupan materi yang diberikan tidak hanya membahas seputar software komputer.

Pembahasan yang diberikan bervariasi, salah satunya teknik pemrograman, mulai dari website, Android, hingga desktop.

Baca juga: Siswa Bercita-cita Jadi Pengusaha? Jurusan Kuliah Ini Bisa Dipilih

Tak cukup sampai di situ saja, RPL juga membantu para mahasiswa belajar tentang pembuatan game serta pemecahan masalah melalui algoritma.

Merangkum dari berbagai sumber, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/9/2021), membeberkan sederet keunggulan kuliah jurusan RPL yang bisa diperoleh mahasiswa.

1. Prospek karier jelas

Perkembangan teknologi yang semakin mutakhir tidak akan membuat RPL ketinggalan jaman. Sebab, banyak perusahaan yang mencari lulusan jurusan ini.

Peluang karier yang bisa diambil lulusan RPL, di antaranya software engineer, software programmer, mobile computing development, IT consultant, system analyst, game developer, software tester, dan lain-lain.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Yuk Cek

2. Dibutuhkan perusahaan

Setiap perusahaan, industri, bahkan institusi pemerintah tentu membutuhkan tenaga IT untuk bekerja. Inilah kesempatan besar bagi para lulusan RPL.

Pasalnya, tidak semua orang di perusahaan atau industri bisa melakukan pekerjaan yang bisa dilakukan tenaga IT.

Misalnya seorang programmer yang membantu membuatkan sistem aplikasi yang dibutuhkan perusahaan untuk memudahkan pekerjaan para karyawan.

3. Bisa buka startup sendiri

Lulusan RPL tidak harus selalu pontang-panting mencari pekerjaan di banyak perusahaan. Sebab, kemampuan coding yang didapatkan sewaktu kuliah dapat menjadi skill krusial untuk membuka startup atau perusahaan rintisan sendiri.

Baca juga: 8 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Matematika, Gaji Menjanjikan

Bisa dikatakan demikian, karena jurusan RPL mengajarkan para mahasiswa teknik coding, salah satunya materi pembuatan website atau aplikasi, yang bisa membantu mahasiswa untuk membangun enterprise mereka sendiri.

4. Tak selalu kerja di kantor

Ketika menjadi lulusan RPL, Anda tidak perlu pusing untuk bekerja di kantor. Sebab, pekerjaan seperti programmer bisa dilakukan di mana saja.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com