Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Metode Belajar Anti-stres dan Anti-lelah, Bisa Dicoba

Kompas.com - 17/12/2021, 19:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menerapkan cara belajar Pada akhirnya, tubuh mudah lelah, stres, dan pikiran menjadi tidak fresh.

Padahal, belajar terus menerus hingga stres dan lelah juga buruk buat kamu. Bukannya bisa menambah pengetahuan, malah membuatmu mudah sakit dan materi yang kamu pelajari juga mudah hilang.

Kamu perlu cara belajar efektif agar materi yang kamu pelajari bisa bertahan lama di dalam ingatanmu. Termasuk, tidak membuatmu cepat lelah. Dirangkum dari laman Ruangguru, ada sejumlah cara belajar yang cukup efektif. Apa saja?

Baca juga: Mahasiswa D3-S1 Butuh Biaya Kuliah? Segera Daftar Beasiswa Ini

1. Olahraga

Teknik terbaik yang bisa kamu terapkan sebelum hari ujian adalah olahraga. Olahraga punya banyak manfaat terhadap otak, yang berkaitan dengan cara kerja otak menangkap informasi baru.

Secara kimia, peredaran darah dan berbagai hormon yang muncul setelah berolahraga sangat bermanfaat terhadap pola pembelajaran. Hormon seperti dopamin, serotonin, dan norepinephrine, yang berpengaruh terhadap kebahagiaan di dalam diri manusia. Pikiran menjadi fresh, dan materi belajar jadi mudah masuk.

Tidak perlu olahraga berat. Olahraga seperti berenang, berjoget ringan, atau jogging di pagi hari sebelum kamu berangkat sekolah.

Sebuah penelitian yang dibuat tahun 2013 menyebutkan jika laki-laki yang bersepeda selama 15-30 menit punya kemampuan kognitif dan ingatan yang lebih tajam dibanding yang tidak bersepeda. Selain itu, penelitian lain menyebutkan bahwa bersepeda selama 15 menit dapat mengurangi kortisol, hormon yang membuat seseorang menjadi stres.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

2. Teknik belajar lewat mindset

Selama ini, bagaimana kamu belajar? Apakah sendirian di kamar? Atau bersama teman? Atau menyeduh kopi?

Setiap orang pasti punya teknik dan cara belajarnya masing-masing. Setiap orang, pasti punya cara belajar yang nyaman dan menjadi favorit masing-masing.

Apapun cara belajarmu, jangan terpaku pada waktu. Cara belajar mana pun yang akan kamu pakai nantinya, pastikan kepala kamu punya mindset “belajar dengan enjoy” tanpa dikejar-kejar waktu. Dibandingkan terikat dengan waktu, sebaiknya kamu pikirkan adalah fokus pada topik mana yang ingin kamu kuasai.

Sebenarnya, cara belajar yang efektif adalah dengan belajar singkat. Maksud dari belajar singkat adalah belajar dengan batas waktu pendek-pendek. Mengapa begitu? Hal ini, untuk menghindari kram otak.

Kram otak adalah momen di mana otak sudah tidak mampu menampung informasi tambahan untuk mengingat.

Terlalu banyaknya mengingat rumus dan konsep baru ke otak, otak kamu justru jadi makin sulit menangkapnya. Lalu kamu stres dan akhirnya tidak optimal. Jangka waktu mu mengingat materi, akan semakin pendek.

3. Teknik Pomodoro

Kalau kamu suka belajar sendiri, cobalah cara belajar pomodoro. Teknik belajar pomodoro ini diperkenalkan oleh Francesco Cirillo pada akhir 1980-an. Terdiri dari 5 tahapan.

Ketika melakukan cara belajar ini, jangan fokus terhadap waktu. Santai dan jangan panik apabila topik yang kamu pelajari belum berhasil kamu kuasai. Inti dari teknik ini adalah pemberian jeda istirahat. Cara pembelajaran seperti ini dinamakan dengan spaced learning, teknik yang lebih efektif untuk memasukkan konsep dan materi ke otak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com