Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2022, 17:35 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Banyak diantara siswa sekolah sedang menjalani Penilaian Tengah Semester (PTS). Apakah kamu termasuk? Apakah kamu sudah siap?

Apalagi bagi yang sudah menjalani PTM di sekolah, tentu ikut PTS juga butuh persiapan. Sebab, semua dikerjakan di kelas. Bukan seperti ikut sekolah daring, maka PTS bisa dikerjakan di rumah.

Bagi yang sedang ikut PTS, berikut ini ada 5 tips menghadapi PTS. Info dirangkum dari akun Instagram Disdik Jabar (Jawa Barat), Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Siswa, Ini Tipe-tipe Kelompok Sosial

Tips menghadapi PTS

1. Buat dulu rencana belajar

Rencana ini dibuat agar kamu dapat menguasai konsep pelajaran secara teratur dan menghindari SKS (sistem kebut semalam).

2. Perbanyak latihan soal

Coba luangkan waktu untuk berlatih soal. Mulailah dari soal yang mudah, sedang sampai rumit. Dengan begini, kamu akan lebih siap mengerjakan soal PTS.

3. Coba batasi penggunaan gawai

Agat tidak mengganggu waktu belajar, kamu bisa mengurangi pemakaian gawai selama PTS. Kalau perlu, nonaktifkan akun media sosial agar konsentrasi kamu tidak terpecah.

4. Tentukan durasi belajar

Kelamaan belajar bisa bikin burnout (stres). Cukup belajar 2-3 jam sehari. Usahakan belajar di waktu pagi agar otak lebih optimal menyerap informasi.

Selain itu, malam harinya bisa kamu gunakan untuk berlatih soal atau merapikan catatan.

Baca juga: Serangan Umum 1 Maret 1949, Siswa Sudah Paham Sejarahnya?

5. Harus jaga kesehatan fisik dan mental

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, maka kamu harus bisa menjaga kesehatan. Konsumsi vitamin, makan makanan bergizi, dan tidur 8 jam sehari.

Tentu, kesehatan mentalmu juga perlu diperhatikan, kurangi julid di media sosial dan percaya pada kemampuan diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com