Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum UAD: Ini Strategi Jitu Bisnis Pasar Global lewat Medsos

Kompas.com - 12/03/2022, 19:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, peluang bisnis terbuka luas. Apalagi dengan pesatnya kemajuan teknologi menjadikan usaha bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Bahkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada 2019, Indonesia menempati peringkat pertama di dunia dalam pertumbuhan nilai perdagangan elektronik (e-commerce) dengan angka mencapai 78 persen.

Sedangkan peringkat kedua ialah Meksiko dengan nilai pertumbuhan sebesar 59 persen. Kondisi ini mengindikasikan bahwa usaha perdagangan elektronik memiliki nilai ekonomi yang bagus.

Baca juga: Akademisi UAD: Ini Pentingnya PHBS di Masa Pandemi

Sehingga dengan adanya media sosial (medsos) harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Terkait hal itu, Program Studi (Prodi) Bisnis Jasa Makanan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengupas tuntas tentang strategi jitu meraih pasar lewat media sosial dalam kuliah umum secara daring yang diadakan, Sabtu (5/3/2022).

Adapun pembicaranya ialah Gonzaga Florozentrik, B.B.A., M.A., dan Mufid Salim, S.I.Kom., M.B.A.

Menurut Gonzaga, dalam membangun sebuah framework untuk menjadi entrepreneur yang sukses, ada enam poin penting yang harus disoroti, yakni:

1. Mengenal tempat

Mengenal tempat berhubungan dengan masalah sosial di masyarakat terbentuk, terdapat beberapa faktor yang memengaruhinya yaitu politik, ekonomi, sosial dan kondisi, teknologi, hukum, serta lingkungan.

Baca juga: Mahasiswi UAD Ajak Selektif dalam Bergaul

2. Menyelaraskan tujuan

Untuk menyelaraskan tujuan, 3P menjadi peran penting yaitu passion, positioning, patience. Hal ini yang akan membantu untuk menemukan alasan mengapa kita memulai sebuah bisnis, dengan begitu maka tujuan akan menjadi jelas.

3. Membangun tim

Membangun tim, dua komponen yang berperan adalah stakeholder dan shareholder. Keduanya harus berafiliasi untuk membangun ABCDEFGHI (Anchor, Beneficiary, Customer, Donor, Employee, Friends, Government, Home, Investor).

4. Membuat taktik

Membuat taktik dengan menentukan prioritas utama. Pelajari preposisi nilai dan cara mengatur pendapatan serta pengeluaran perusahaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com