Kompas.com - 07/03/2022, 17:31 WIB
|

KOMPAS.com - Sejak adanya Virus Corona, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kembali digalakkan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan agar virus tak menyebar semakin luas.

Salah satu upayanya yakni dengan rajin mencuci tangan pakai sabun, memakai masker ketika di luar rumah, dan menjaga asupan makanan yang sehat.

Meski demikian, kini masyarakat juga mulai abai dengan PHBS. Padahal, PHBS adalah hal kecil yang wajib dilaksanakan oleh semua orang.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini 6 Contoh PHBS di Sekolah

Terkait hal itu, Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Webinar Diskusi Lingkungan dengan tema besar yang diambil yaitu "Melangkah Bersama, Mengatur Strategi dalam Menjaga dan Memelihara Lingkungan pada Masa Pandemi Covid-19", Rabu (2/3/2022).

Adapun pembicaranya ialah Ahmad Faizal Rangkuti, S.K.M., M.Kes., yang merupakan salah satu dosen di Prodi Kesehatan Masyarakat UAD.

Sedangkan tema webinar ialah "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat". Menurut Ahmad, tema yang ia ambil menyangkut pada aspek personal dan lingkungan.

"Jika kita ingin memperbaiki lingkungan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan upaya perbaikan pada diri sendiri," ujarnya dikutip dari laman UAD, Senin (7/3/2022).

Padahal, contoh kecil yang dapat dilakukan seperti melakukan kebiasaan-kebiasaan baik, yakni:

  • mandi dengan rutin setelah melakukan aktivitas kampus yang padat
  • membuang sampah pada tempatnya
  • hal lain yang bisa dilakukan sebagai seorang individu serta masyarakat

Dijelaskan, PHBS merupakan kependekan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Sedangkan pengertian PHBS adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh seluruh lapisan masyarakat atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran sehingga mampu mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Baca juga: Bunda, Ini Ciri-ciri Anak Sehat Berikut 13 Kegiatan PHBS

Pentingnya PHBS di masa pandemi

Tentu, harapannya peran aktif ini dapat mewujudkan lingkungan yang sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.