Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Introvert dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 15/03/2022, 13:33 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Berinteraksi dengan banyak orang secara intens bisa membuat orang dengan kepribadian introvert merasa kehabisan energi. Itulah mengapa, orang dengan kepribadian ini cenderung menghindari jenis pekerjaan tertentu.

Bila kamu merasa memiliki kepribadian introvert, ada sejumlah jurusan kuliah dan pekerjaan yang bisa dipertimbangkan.

Meski begitu, perlu dipahami bahwa kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial. Introvert merupakan tipe kepribadian dengan ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya.

Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

Pemilik kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, setelah menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang, seseorang yang introvert akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya.

Hal ini berbanding terbalik dengan kepribadian ekstrovert, yang yang justru mendapatkan energi dari berkumpul dengan banyak orang.

Merangkum laman Quipper Campus, berikut 6 jurusan kuliah bagi kamu yang pribadinya cenderung introvert:

1. Akuntansi

Akuntansi adalah bidang studi yang mempelajari materi terkait metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna membantu pemangku kepentingan dalam proses pengambilan keputusan.

Jurusan Akuntansi dikenal sebagai jurusan yang sangat dekat dengan angka, khususnya segala sesuatu yang terkait dengan keuangan.

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri 2022

Meskipun begitu, mahasiswa Jurusan Akuntansi tidak hanya belajar tentang cara menghitung uang, termasuk juga tentang manajemen, perpajakan, sistem informasi, hingga pengauditan.

Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Akuntansi berada pada kisaran Rp 4 juta dengan pekerjaan sebagai staf bagian keuangan.

Meskipun begitu, besaran ini sangat bergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, tingkatan jabatan, dan pengalaman yang dimiliki.

Prospek kerja:

  • Analis Keuangan
  • Akuntan Publik
  • Konsultan Pajak

2. Ilmu Komputer

Ilmu Komputer merupakan bidang studi yang identik dengan computer programming. Kamu akan dibekali keterampilan menyusun algoritma dan programming untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun sistem perangkat lunak.

Jadi, pada dasarnya kamu akan belajar bagaimana cara agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan penggunanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com