Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Ngidam pada Ibu Hamil, Begini Penjelasan Dosen IIK Bhakta

Kompas.com - 15/03/2022, 13:13 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Saat hamil kadang muncul keinginan besar untuk makan jenis makanan tertentu. Hal ini biasa disebut ngidam. Biasanya ibu hamil bisa ngidam makan mangga, makanan yang pedas atau beragam bentuk ngidam lainnya.

Ngidam saat hamil memang hal biasa. Namun kondisi ini menjadi tak biasa dan berbahaya kalau kita ngidam tanpa memperhatikan efek kesehatan. Perasaan ngidam bisa dijelaskan secara medis, apa penyebabnya dan bagaimana munculnya.

Ngidam jika diarahkan ke hal yang baik, tentu akan memberikan efek positif kepada ibu dan janin dalam kandungan.

Dosen program studi (prodi) D3 kebidanan Ika Bhakti Wiyata Kediri Candra Dewinataningtyas menjelaskan bagaimana perasaan ngidam muncul di tengah masa kehamilan.

Baca juga: Kalbe Nutritionals Buka Lowongan Kerja bagi SMK, D3/S1, Ayo Daftar

Terjadi perubahan hormon saat hamil

Dia mengatakan, sebagian besar ibu hamil pasti pernah mengalami mengidam pada saat kehamilan.

"Pada masa kehamilan, Tuhan dengan kuasaNya menurunkan janin dalam rahim ibu sehingga janin bisa tumbuh dalam rahim 38 sampai dengan 40 minggu," urai Candra seperti dikutip dari akun Instagram resmi IIK Bhakta, Selasa (15/3/2022).

Menurut dia, dengan keadaan tersebut terjadi perubahan hormon. Dari perubahan hormon tersebut akhirnya menimbulkan morning sickness pada ibu hamil.

"Perasaan atau rasa mual bisa sampai dengan muntah yang terjadi pada ibu hamil dan sebagian besar di pagi hari. Dari perasaan mual dan muntah atau morning sickness itu bisa menjadi penyebab terjadinya ngidam pada saat hamil," terang Candra.

Baca juga: Perjalanan Domestik Kini Bebas PCR, Ini Dampaknya Menurut Pakar Unpas

Penyebab perasaan ngidam pada ibu hamil

Dia mengungkapkan, menurut penelitian ngidam pada masa kehamilan juga disebabkan karena adanya peningkatan POE yaitu peptida opioid endogen. Yaitu semacam molekul yang diproduksi pada otak manusia yang berkaitan erat dengan peningkatan kesenangan.

Biasanya pada saat ibu mengidam POE ini dalam tubuh ibu meningkat hal ini berkaitan langsung dengan asupan nutrisi.

"Tidak hanya POE yang meningkat tetapi beta endorfin dan enkafelin pun juga akan meningkat. Hal ini memicu ibu hamil cenderung menginginkan makanan yang bisa memuaskannya," papar Candra.

Ada beberapa makanan yang sering sekali membuat ibu hamil mengidam dan ingin sekali memakannya. Mulai dari bakso yang sangat pedas, rujak yang pedas, buah mangga yang asam, es krim coklat, minuman bersoda dan bahkan banyak ibu hamil yang mengidam mengunyah es batu.

Baca juga: Beasiswa Inspiratif 2022 bagi Jenjang SMP-S2, Dibiayai sampai Lulus

Mengidam es batu, lanjut Candra, sebenarnya tidak membuat masalah kesehatan yang berarti. Asalkan disini tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Tips menuruti ngidam tapi tetap makan yang bergizi

Sisi positif mengonsumsi es batu bila tidak dikonsumsi berlebihan yaitu bisa menghidrasi ibu, mengurangi stres pada ibu hamil, mengurangi morning sickness dan bisa mengurangi heartburn dari ibu hamil karena adanya peningkatan aliran darah dan denyut jantung pada ibu hamil.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk ibu hamil bila sehari-hari ingin mengunyah es batu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com