Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Cek Jenis Buah dan Sayur yang Tak Boleh Dikupas Kulitnya

Kompas.com - 27/03/2022, 14:29 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki banyak sekali jenis buah-buahan dan sayuran. Seperti diketahui, mengonsumsi banyak buah dan sayur sangat dianjurkan karena sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Saat memakan buah atau sayur, ada beberapa jenis buah yang harus dikupas dulu kulitnya, baru bisa dikonsumsi.

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis buah dan sayur yang lebih banyak kandungan nutrisinya apabila kulitnya tidak dikupas.

Mau tahu buah apa saja yang kulitnya justru tidak boleh dikupas? Melalui akun Instagram resminya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (27/3/2022) membagikan informasi mengenai buah dan sayur yang tidak boleh dikupas kulitnya.

Baca juga: Begini Cara Olah Mawar untuk Skincare ala STIKES Muhammadiyah Klaten

Buah dan sayur yang baik jika kulitnya tidak dikupas

Meski kandungan nutrisinya lebih bagus saat tidak dikupas, namun perlu diingat bahwa sebelum dikonsumsi, buah dan sayur harus dicuci hingga bersih dengan air mengalir.

1. Apel

Kuliah buah apel mengandung pektin, serat larut yang bermanfaat menurunkan kadar kolestrol jahat dan gula darah. Pektin juga lebih lambat dicerna sehingga perut lebih lama merasa kenyang.

2. Wortel

Kulit wortel berpotensi membunuh sel kanker dalam uji coba laboratorium. Zat tersebut juga memiliki kandungan antijamur, antibakter serta antiperadangan.

Baca juga: Beasiswa Djarum Plus bagi Mahasiswa D4/S1, Raih Tunjangan Rp 12 Juta

3. Kentang

Kulit kentang memiliki lebih banyak serat, zat besi serta folat dibandingkan kentang yang telah dikupas kulitnya.

4. Mentimun

Kulit mentimun memiliki lebih banyak kalsium, magnesium, fosfor, potasium, vitamin A serta vitamin K. Selain itu sebagian besar kandungan serat dalam mentimun berasal dari kulitnya.

5. Terung

Kulit terung mengandung antioksidan yang disebut nasunin. Dalam penelitian, antioksidan tersebut penting untuk menjaga kesehatan jaringan otak.

6. Anggur

Kulit anggur merah memiliki kandungan resveratrol, fitokimia yang bermanfaat untuk jantung dan otak. Pada penelitian pada hewan, zat tersebut juga memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: Amankah Mengonsumsi Pisang Saat Perut Kosong? Ini Kata Guru Besar IPB

Demikian 6 jenis sayur dan buah yang lebih baik tidak dikupas kulitnya saat hendak dikonsumsi. Dengan rutin makan buah dan sayur harapannya tubuh menjadi sehat dan daya tahan tubuh juga terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com