Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademisi UGM: Program KKN Bukan Hanya Sekadar Mengecat Pagar

Kompas.com - 28/03/2022, 17:30 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi salah satu tahapan yang wajib dilalui mahasiswa sebelum lulus.

Saat melaksanakan kegiatan KKN, mahasiswa akan terjun langsung di tengah masyarakat dan memberi solusi permasalahan yang terjadi.

Sehingga perlu perencanaan matang dan program yang tepat bagi mahasiswa yang mengikuti program KKN.

Namun Direktur Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Masyarakat (UGM), Prof. Irfan Dwidya Prijambada menyayangkan stereotipe yang melekat kepada program KKN kontemporer ini.

Baca juga: Blesscon Buka 4 Posisi Lowongan Kerja bagi D3-S1, Buruan Daftar

Stereotipe KKN kontemporer

Bahwa KKN kontemporer ini lekat dengan stereotipe program pengecatan fasilitas publik di lokasi tujuan KKN, pembuatan plang untuk menunjukkan rumah kepala desa. Hingga program atau kegiatan lainnya yang sebetulnya bukan menjadi harapan masyarakat.

"Sayangnya akhir-akhir ini, KKN itu selalu di stereotipe-kan seperti mengecat pagar, mengecat pos ronda, buat plang yang menunjukkan lokasi rumah kepala desa, makam, dan lain sebagainya," ungkap Prof. Irfan seperti dikutip dari laman UGM, Senin (28/3/2022).

Menurut dia, padahal bukan itu yang diharapkan masyarakat dengan adanya kegiatan KKN di wilayahnya.

Prof. Irfan mengatakan, kegiatan seperti mengecat pagar, mengecat pos ronda, atau membuat dan mewarnai tong sampah bisa dilakukan sendiri masyarakat tanpa harus ada keterlibatan mahasiswa.

"Saya (yang juga) tinggal di (kawasan) desa paling sebal kalau ada mahasiswa KKN datang kemudian mengajak kerja bakti buat tong sampah," beber Prof. Irfan.

Baca juga: 8 Macam Sertifikasi Akuntansi, Mahasiswa Perlu Tahu

Masyarakat butuh ilmu sebagai solusi permasalahan

Prof. Irfan menuturkan, masyarakat sebetulnya memerlukan penerapan ilmu pengetahuan yang tidak dimiliki masyarakat.

Masyarakat membutuhkan kegiatan yang dapat memecahkan permasalahan mereka. Sehingga, masyarakat berharap mahasiswa yang melakukan program KKN dapat datang melakukan penelitian dan lalu menerapkan hasil penelitian itu.

"Jadi, berikanlah hal yang khas produk perguruan tinggi. Bisa berupa riset, survei, penelitian. Nah ini lah yang diperlukan oleh masyarakat," tegas Prof. Irfan.

Prof. Irfan memahami bahwa penyelesaian masalah yang ada di masyarakat itu tentu tidak bisa dilakukan dalam satu kali periode KKN yang hanya berlangsung selama dua bulan.

Program KKN dibuat secara bertahap

Oleh karena itu, KKN kemudian dibuat secara bertahap untuk satu lokasi tujuan KKN. Pada tahun pertama, mahasiswa yang diberangkatkanmemiliki tugas utama melakukan pemetaan.

Baca juga: Tertarik Kuliah Pascasarjana Gratis di ITB? Daftar Beasiswa GTA 2022

Pemetaan kepada permasalahan yang ada di masyarakat, potensinya, cara paling efektif untuk berkomunikasi dengan masyarakat, dan lain sebagainya. Setelah pemetaan dilakukan, hasilnya dibawa pulang ke kampus dan dibahas atau diteliti bersama-sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com