Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris

Kompas.com - 05/06/2023, 19:00 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Era globalisasi membuat kemampuan berbahasa Inggris semakin penting. Banyak orang yang menyadari bahwa menguasai bahasa internasional ini memberikan banyak manfaat, mulai dari kesempatan kerja yang lebih baik hingga kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang dari berbagai budaya.

Salah satu cara yang efektif dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan menggunakan film. Selain sebagai hiburan, film juga dapat menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran.

Baca juga: Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? TBI: Bisa dengan Menonton Film

 

Belajar bahasa Inggris melalui film tidak hanya meningkatkan pemahaman kosakata dan tata bahasa, tetapi juga memperkaya kosakata sehari-hari dan memperluas pemahaman tentang budaya berbahasa Inggris.

Salah satu alasan mengapa film efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah karena kemampuannya untuk menampilkan pengucapan yang autentik. Dalam film, penonton dapat mendengar berbagai aksen, intonasi, dan frase yang digunakan dalam kehidupan nyata.

Ini membantu dalam melatih pendengaran dan memahami bahasa Inggris dalam konteks yang lebih alami.

Selain itu, film juga menyediakan akses ke berbagai jenis bahasa Inggris, baik itu aksen Amerika, Inggris, Australia, atau bahkan bahasa Inggris non-native.

Ini memungkinkan pembelajar untuk terbiasa mendengarkan berbagai variasi dalam bahasa Inggris, yang akan memperkaya kecakapan mereka dalam berbicara dan mendengar.

Baca juga: Feminisme Kemarin, Hari Ini dan Nanti

Melansir lembaga bimbingan bahasa Inggris Titik Nol English, berikut 5 rekomendasi film yang cocok digunakan untuk belajar bahasa Inggris.

5 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

1. Toy Story

Film ini sudah tidak asing dikalangan masyarakat, Toy Story mengisahkan cerita petualangan para mainan milik Andy.

Film ini berisi percakapan ringan dengan banyak kosakata sederhana, hal ini sangat pas untuk belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuan listening, karena pelafalan dalam film Toy Story cukup jelas untuk didengarkan.

Baca juga: 4 Tips Memilih SMK

2. The Social Network

Film yang terinspirasi melalui kisah awal pendirian Facebook ini memiliki berbagai macam istilah teknologi dalam bahasa Inggris yang bisa dipahami definisinya dengan melihat kamus.

Selain itu, para aktor juga menggunakan bahasa Inggris sehari-hari yang pas untuk belajar bahasa Inggris.

Film ini juga sangat cocok bagi kamu yang tertarik di dunia teknologi dan memiliki impian untuk bekerja di startup.

3. The Sound of Music

Film musikal satu ini membuat kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan. Film ini menggunakan aksen Amerika, setiap pemeran berbicara menggunakan bahasa formal dengan artikulasi yang jelas.

Sehingga, tidak perlu khawatir untuk kesusahan menangkap percakapan yang ada di film ini, memudahkan kamu untuk belajar dan memahami bahasa Inggris.

Baca juga: 10 Tips Bisa Lolos Beasiswa LPDP 2023, Catat Segera

4. Cast Away

Salah satu sinema yang unik di mana hanya dibintangi satu aktor saja, yaitu Chuck Noland. Keseluruhan film ini berisi monolog dengan pace lambat yang membuat kamu bisa belajar melatih pelafalan dan listening lebih mudah daripada film lainnya.

5. To All The Boys I've Loved Before

Film ini merupakan rekomendasi belajar bahasa Inggris yang menghibur. Menggunakan latar belakang kehidupan SMA di Amerika, bahasa yang digunakan adalah bahasa anak muda di Amerika sehari-hari, dilengkapi dengan berbagai slang.

Melalui film ini, kamu bisa menambah bendahara kosakata bahasa Inggris gaul yang bisa dipelajari.

Baca juga: Cara Memilih Ekstrakurikuler yang Tepat bagi Siswa SMA

Dengan memanfaatkan film sebagai media pembelajaran, belajar bahasa Inggris tidak lagi terasa membosankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com