Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurusan Kuliah untuk Anak IPA Berikut Prospek Kerjanya

Kompas.com - 17/06/2023, 15:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai lulus SMA dan ingin lanjut ke jenjang pendidikan tinggi biasanya masih ada yang bingung dengan jurusan kuliah.

Tapi bagi anak IPA, ada banyak jurusan kuliah yang bisa diambil. Bahkan prospek kerjanya juga cukup luas.

Dengan memilih jenjang pendidikan yang tepat, anak-anak IPA dapat menggunakan kemampuan intelektual mereka dengan lebih efektif dan mengembangkan karier yang lebih potensial.

Melansir laman Universitas Kristen Maranatha, ada banyak jenjang pendidikan yang dapat dipilih oleh anak-anak IPA. Jenjang pendidikan yang paling umum untuk anak IPA adalah sains, teknologi, kejuruan, dan matematika (STKM).

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah IPS yang Tak Kalah Populer

Pendidikan STKM mencakup bidang-bidang seperti sains, teknologi, matematika, fisika, dan kimia. Ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep penting yang dibutuhkan untuk menguasai bidang-bidang terkait.

Anak-anak IPA juga dapat mempertimbangkan untuk memilih jenjang pendidikan di bidang teknologi informasi, sistem informasi, bisnis, komunikasi, dan desain.

Jenjang pendidikan ini akan memberikan mereka keterampilan yang dapat mereka gunakan untuk menunjukkan kontribusi pada berbagai proyek dan industri.

Jurusan kuliah untuk anak IPA dan prospek kerja

Tentu, nantinya pasar kerja dan jurusan kuliah untuk anak IPA umumnya sangat kuat, dengan banyak industri mencari tenaga profesional terampil untuk mengisi berbagai peran.

Ini terutama berlaku dalam industri seperti teknologi, perawatan kesehatan, dan teknik. Jurusan kuliah untuk anak IPA seringkali dihargai tinggi karena keterampilan analitis dan pemecahan masalah mereka, yang dapat diterapkan ke berbagai bidang.

1. Matematika

Analis Data:

  • Menganalisis data untuk mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan yang dapat digunakan untuk menginformasikan keputusan bisnis.

Aktuaris:

  • Menggunakan analisis statistik untuk menilai dan mengelola risiko bagi perusahaan asuransi dan lembaga keuangan lainnya.

Analis Riset Operasi:

  • Menggunakan pemodelan dan analisis matematis untuk membantu organisasi memecahkan masalah kompleks dan membuat keputusan yang lebih baik.

Baca juga: Pahami Dulu 7 Hal Ini Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Cryptographer:

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan enkripsi dan sistem keamanan lainnya untuk melindungi data sensitif.

2. Kimia

Kimiawan Analitik:

  • Mengembangkan dan menggunakan teknik analitik untuk mempelajari komposisi dan sifat zat kimia.

Ilmuwan Forensik:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com