Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2023, 23:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dunia animasi kini semakin berkembang. Tak heran jika banyak industri yang membutuhkan seorang animator bertalenta.

Mereka yang bertalenta itu bisa membuat video, film atau gim hanya dengan perangkat komputer. Tetapi semua itu butuh kemampuan yang juga tak bisa dimiliki setiap orang.

Bagi yang tertarik di dunia animasi atau ingin menjadi seorang animator sukses dan andal, maka butuh tips sukses jadi animator.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Minggu (16/7/2023), Jessica Vanessa selaku Business and Relation Infinite Learning memberikan tips untuk menjadi animator andal.

Baca juga: Siapkan Indonesia Emas 2045, Insan Vokasi Harus Miliki 5 Skills Ini

Adapun Infinite learning merupakan anak perusahaan dari Infinite Studio di kawasan Nongsa Digital Park, Batam, Kepulauan Riau.

Cara menjadi animator andal

1. Harus percaya diri

Tentunya hal pertama yang perlu dilatih ialah kepercayaan diri. Menurut Jessica, orang-orang Indonesia keterampilan teknis di bidang animasi tidak kalah dengan orang luar negeri.

Dengan memiliki kepercayaan diri, kamu bisa menggapai apapun mimpi menjadi animator dengan berusaha lebih maksimal.

Terutama bagi kamu yang sudah masuk di Jurusan Animasi, baik itu di SMK maupun di politeknik yang sudah memiliki pengetahuan tentang animasi.

Maka dari itu, tingkatkan terus rasa percaya diri bahwa kamu pun bisa menjadi animator profesional dan bekerja di industri, khususnya di industri global.

Baca juga: 3 Manfaat Bambu Spa bagi Kesehatan, Info Ditjen Vokasi

2. Mau belajar dan mengembangkan potensi

Adapun cara menjadi animator yang andal ialah mau belajar dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Industri animasi terus berkembang dengan cepat. Untuk tetap relevan dan bersaing, penting untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri.

Maka, ikuti seminar, workshop, atau kursus online yang ditawarkan oleh para profesional animasi.

Selain itu, jangan takut untuk mencoba bidang animasi yang baru, seperti animasi 3D atau animasi interaktif, untuk mengembangkan keterampilanmu.

3. Buat portofolio

Sedang cara berikutnya ialah membuat portofolio. Portofolio adalah salah satu hal terpenting untuk menarik perhatian pengusaha atau studio animasi.

Coba kumpulkan dan kurasi karya terbaik kamu dalam portofolio yang menunjukkan berbagai gaya, teknik, dan proyek yang telah dikerjakan.

Baca juga: Ditjen Vokasi: Ini Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga

Pastikan portofolio kamu mudah diakses secara daring dan perbarui secara berkala dengan karya terbaru. Portofolio yang kuat akan membantumu mengesankan calon klien atau perekrut dan membuka pintu kesempatan baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com