Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memilih Telur Ayam yang Baik, Info Ditjen Vokasi

Kompas.com - 21/07/2023, 15:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu bahan makanan pokok yang banyak penggemarnya ialah telur ayam. Mulai dari anak kecil hingga orangtua pasti suka makan telur.

Apalagi cara mengolahnya juga sangat mudah. Sebab, telur bisa digoreng atau direbus dan jadi lauk untuk makan.

Selain itu, kandungan telur juga cukup bagus untuk tubuh manusia. Tak heran jika telur sangat disukai semua kalangan.

Meski demikian, tingginya permintaan akan telur ayam membuat produsen harus bisa menyediakan telur ayam dalam jumlah yang besar.

Baca juga: 3 Tanaman Herbal Penurun Kolesterol, Info Ditjen Vokasi

Peluang ini merupakan hal yang bagus karena telur ayam dapat terjual dengan mudah di pasaran. Tetapi, terkadang telur yang dijual dipasaran tidak semuanya berkualitas baik.

Telur-telur tersebut telah campur menjadi satu dengan telur yang kualitasnya kurang baik. Maka dari itu, masyarakat harus paham mengenai kualitas telur.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (20/7/2023), Dorce Sampe, guru Jurusan Ternak Unggas SMKN 2 Mimika, Papua, berbagi tips memilih telur yang baik agar terhindar dari telur busuk.

Tips memilih telur ayam yang baik

1. Lihat bentuk telur

Ukuran telur juga perlu diperhatikan. Jangan tergiur ukuran telur yang besar karena ukuran telur tidak menjamin kualitas isi telur. Maka, pilih telur yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Selain itu, bentuk telur juga ada yang bulat dan lonjong. Bentuk telur yang lonjong ukuran kuning telurnya lebih sedikit dibandingkan dengan telur yang berbentuk bulat.

Baca juga: 10 Tips Hidup Sehat dari Ners Unair

"Telur yang berbentuk bulat sangat bagus dipakai untuk kamu yang suka membuat kue," ujar Dorce.

2. Warna cangkang

Adapun tips memilih telur ayam yang baik ialah memerhatikan warna cangkangnya. Telur yang bagus memiliki warna yang pekat dan lebih cerah.

Jadi, kamu harus menghindari memilih telur dengan warna cangkang yang pucat apalagi dipenuhi bintik-bintik.

Warna cangkang dapat mempengaruhi kualitas telur. Telur yang sudah lama dan tidak segar warna kulit cangkangnya cenderung keruh dan kusam.

Selain itu, adanya bintik-bintik pada cangkang juga menandakan telur sudah lama sehingga jamur bisa tumbuh di sekitar cangkang.

3. Aroma telur

Sama seperti buah-buahan, maka kamu bisa menggunakan indera penciuman untuk menghirup aroma telur. Meskipun cangkang telur terlihat tebal dan kuat, aroma telur tidak bisa dibohongi.

Untuk itu, kamu cukup dekatkan hidung ke telur saja kemudian hirup aromanya. Jika mengeluarkan aroma busuk maka sudah dipastikan isi telurnya pun busuk.

Baca juga: 4 Cara Merawat Bunga Anggrek, Info Ditjen Vokasi

Jadi itulah beberapa tips memilih telur ayam yang baik. Informasi ini bisa jadi menambah pengetahuan terkait telur ayam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com