Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kelebihan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Harus Paham

Kompas.com - 23/07/2023, 11:54 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UMN

KOMPAS.com - Kuliah jarak jauh sebenarnya sudah ada sebelum pandemi Covid-19. Hanya saja, sejak pandemi kuliah online menjadi hal yang biasa.

Apalagi kurikulum, kegiatan belajar mengajar hingga alat bantu perkuliahan juga disusun sedemikian rupa untuk mendukung terciptanya kuliah online yang memadai.

Meski pandemi sudah usai, ada beberapa kampus yang coba meneruskan kuliah online sehingga mahasiswa dapat kuliah dari rumah.

Jadi, saat ini calon mahasiswa bisa memilih mau kuliah reguler/tatap muka, atau ikut kuliah online.

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Cek Dulu

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Selasa (18/7/2023), ini keuntungan jika kamu ikut kuliah online.

Kelebihan kuliah online

1. Bisa menghemat waktu

Jika kamu sudah bekerja, maka kuliah online sangat cocok. Karena kamu tidak perlu bolak-balik ke kampus dan bisa menghemat waktu.

Selain itu, kamu juga tidak bakal stres karena lelah atau terjebak kemacetan lalu lintas. Kelebihan kuliah online lainnya ialah waktu yang fleksibel.

2. Bisa menghemat biaya

Sedangkan keuntungan jika kamu ikut kuliah online ialah dapat menghemat biaya. Kamu tidak perlu biaya operasional atau temat tinggal.

Jika kuliah online, kamu tidak perlu bepergian jauh ke kampus serta tidak perlu kos ataupun menyewa apartemen untuk tempat tinggal sementara.

Karena masih tinggal di rumah, kamu bisa makan makanan yang ada di rumah sembari kuliah, serta mengerjakan tugas di mana pun kamu mau.

Baca juga: Gadjah Mada Peduli Beri Beasiswa 4 Calon Mahasiswa yang Terkendala UKT

Kamu bisa menyimpan dan menabung semua biaya transportasi dan akomodasi untuk keperluan lain di masa yang akan datang.

3. Kuliah dari rumah atau dari mana saja

Lantaran online, maka kamu saat kuliah juga bisa dilakukan dari rumah atau dari mana saja.

Cukup memiliki jaringan internet yang stabil dan perangkat laptop atau tablet yang memadai, maka kamu bisa mengakses materi kuliahmu dari mana saja.

Kamu bisa memilih untuk belajar dari rumah, cafe, perpustakaan, atau spot-spot favorit lainnya. Kamu bahkan juga bisa tetap berkuliah sembari berlibur ke luar negeri.

4. Dapat materi yang interaktif

Tentu, kelebihan kuliah online berikutnya ialah bisa mendapatkan materi yang interaktif. Jadi tak hanya via zoom atau Google Meet saja, tetapi juga dapat video pembelajaran yang di dalamnya terdapat pemaparan dosen, ilustrasi gambar, dan kuis interaktif.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu, Seperti Ini 5 Etika Ikuti Kuliah Online

Selain itu, ada juga forum diskusi sebagai tempat mahasiswa untuk memberikan tanggapan atas topik diskusi yang disampaikan oleh dosen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com