Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2023, 10:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Gramedia

KOMPAS.com - Salah satu ciri-ciri makhluk hidup ialah bernapas. Tentu masih banyak ciri-ciri yang lain yang perlu diketahui oleh siswa yang sedang belajar mengenai makhluk hidup.

Adapun makhluk hidup terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan. Masing-masing dari makhluk hidup itu memiliki ciri-ciri, meskipun tidak selalu sama.

Dilansir dari laman gramedia.com, berikut ini ciri-ciri makhluk hidup yang bisa menambah pengetahui para siswa sekolah.

Baca juga: Ciri-ciri Makhluk Hidup, Siswa SMP Sudah Paham?

Ciri-ciri makhluk hidup

1. Bernapas

Ciri-ciri yang paling umum dari makhluk hidup adalah bernapas. Seluruh makhluk hidup pasti bernapas untuk bertahan hidup. Meskipun tidak semua makhluk hidup bernapas dengan cara yang sama.

Proses bernapas akan melibatkan oksigen dan karbondioksida. Bagi manusia, mereka bernapas dengan menggunakan hidung. Menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dengan beberapa proses.

Pada tumbuhan, proses bernapas dinamakan dengan proses fotosintesis. Pada proses fotosintesis, karbondioksida akan diolah bersamaan dengan air dan sinar matahari.

Sedang proses pernapasan pada hewan terjadi berbeda-beda. Tergantung jenis hewan dan jenis lingkungan tempat tinggalnya.

Contohnya seperti mamalia yang berpanas menggunakan hidung dan paru-paru. Berbeda lagi dengan ikan, ikan berpanas menggunakan insang yang terletak di bagian sisi kiri dan kanan pada kepala ikan.

2. Butuh nutrisi

Tentunya setiap makhluk hidup membutuhkan nutrisi. Nutrisi dari luar tubuh yang masuk ke dalam tubuh akan diolah dan diproses di dalam tubuh.

Pengolahan tersebut akan menghasilkan zat-zat yang nantinya akan digunakan oleh tubuh. Setelah itu akan dihasilkan sebuah energi atau tenaga supaya tubuh bisa bekerja.

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh meliputi makanan dan minuman. Minuman juga memiliki peran penting dalam perolehan nutrisi. Minuman atau air akan digunakan tubuh untuk zat pelarut di dalam tubuh.

Baca juga: Siswa, Ini 10 Gangguan pada Sistem Pencernaan Manusia

3. Bergerak

Untuk hewan dan manusia memiliki sistem gerak. Seperti otot, sendi, dan tulang yang bisa digunakan untuk bergerak. Hewan dan manusia menggunakannya untuk bergerak seperti berjalan dan berlari.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com