Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Vokasi: Ini Tips Menjadi Developer Andal

Kompas.com - 14/08/2023, 17:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, perkembangan teknologi digital semakin pesat dan maju. Maka tak heran jika ada banyak profesi baru yang muncul di tengah masyarakat.

Salah satunya ialah menjadi seorang developer. Sebenarnya apa itu developer? Bagaimana prospek kerjanya di masa mendatang.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Senin (14/8/2023), seorang developer bertanggung jawab dalam menciptakan, mengembangkan, dan memelihara berbagai aplikasi dan situs web yang kita gunakan setiap hari.

Tidak hanya itu, menjadi developer juga memberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam menciptakan solusi teknologi yang inovatif.

Baca juga: Cerita Saniyah, Alumnus LKP yang Kini Sukses Punya Butik dengan 25 Karyawan

Pendidikan vokasi pun bisa menjadi salah satu pendidikan yang bisa ditempuh bagi kamu jika ingin menjadi developer, khususnya dengan memasuki Program Studi Teknik Informatika.

Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi juga turut menghadirkan lulusan di bidang tersebut.

Tips menjadi developer andal

Dosen Teknik Informatika AKN Pacitan, Anwar Fu’adi memberikan tips jadi developer yang andal, yakni:

1. Keterampilan komunikasi terus dilatih

Keterampilan komunikasi dibutuhkan oleh semua profesi, termasuk juga developer. Seorang developer harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada klien.

Menurut Anwar, untuk melatih komunikasi tersebut, pergunakanlah waktu ketika kuliah untuk melatih komunikasi. Contohnya bagaimana berkomunikasi dengan dosen, sering mengikuti kegiatan kampus, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ini Pentingnya Pendidikan Vokasi untuk Ciptakan Wirausaha Muda Berdaya Saing

2. Praktikkan dengan proyek nyata

Tentu teori saja tidak cukup untuk menjadi developer yang profesional dan andal. Maka, cobalah untuk mengerjakan proyek nyata, baik itu proyek pribadi maupun kontribusi pada proyek open-source/freelance.

Dengan berlatih dan mengerjakan proyek nyata, kamu dapat mengasah keterampilan pemrograman, memahami lebih banyak tentang alur kerja pengembangan, dan menghadapi tantangan yang mungkin tidak pernah kamu temui dalam belajar teori saja.

Selain itu, proyek-proyek nyata ini juga dapat menjadi portofolio yang menarik untuk menunjukkan kemampuan kamu.

3. Harus mau belajar dan asah keterampilan

Sedang tips berikutnya ialah harus mau belajar dan mengasah keterampilan. Ini karena dunia teknologi terus berkembang dengan cepat, sehingga jika ingin menjadi developer yang andal berarti kamu harus terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru.

Ikuti kursus daring, pelatihan, atau bahkan belajar secara mandiri melalui buku dan sumber-sumber daring.

Selain itu, bergabunglah dengan komunitas developer dan forum diskusi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan sesama developer.

Baca juga: Ilham Ikut Program PKK Ditjen Vokasi, Bisa Kursus Gratis dan Dapat Kerja

Kamu juga disarankan untuk selalu terbuka dalam memperdalam pengetahuan kamu dan mencari tahu tren terbaru dalam industri teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com