Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kegiatan yang Perlu Diikuti Mahasiswa Baru, Tambah "Skill" dan Pengalaman

Kompas.com - 18/09/2023, 13:57 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam menjalani kehidupan kampus, ada banyak kegiatan baik akademik maupun nonakademik yang dapat diikuti mahasiswa.

Kegiatan di luar kelas dapat dilakukan untuk mengembangkan hard skill dan soft skill guna membekali mahasiswa sebelum menempuh dunia profesional. Bahkan dapat mengasah keterampilan dalam mengatur waktu.

Sayangnya, beberapa mahasiswa lebih memilih langsung pulang ke rumah usai kelas. Padahal, ada banyak sekali kegiatan yang dapat diikuti di dunia perkuliahan.

Baca juga: Soal Skripsi yang Tidak Wajib Lagi, Mahasiswa Simak Aturan Barunya

Nah, bagi kamu mahasiswa baru ada baiknya kamu mengetahui beberapa kegiatan yang dapat dilakukan ketika menjadi mahasiswa.

Kegiatan ini bisa meningkatkan produktivitas serta memacu dirimu untuk terus berkembang.

1. Mengikuti organisasi dan kepanitiaan di kampus

Di dunia perkuliahan kamu akan akan menemui banyak organisasi atau kepanitiaan, mulai dari unit kegiatan mahasiswa, himpunan mahasiswa, sampai badan eksekutif mahasiswa. Bergabung dengan organisasi atau kepanitiaan di kampus menawarkan sejumlah kesempatan menarik. Kesempatan ini meliputi pengembangan relasi, kemampuan, dan juga pengalaman.

Dengan mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan dan kepanitian di kampus, kamu juga berpeluang untuk membangun portofolio. Portofolio merupakan kumpulan bukti pengalaman kerja, organisasi, atau dan lain sebagainya yang bisa digunakan sebagai investasi jika ingin melamar kerja nanti.

Baca juga: Cara Seimbangkan Prestasi Akademik dan Non-akademik, Mahasiswa Cek

Pastikan kegiatan kepanitiaan dan organisasi yang kamu ikuti sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Lalu, yang juga penting adalah jangan sampai kamu mengikuti banyak organisasi atau kepanitiaan dengan meninggalkan kegiatan perkuliahan akademik.

2. Mengikuti program beasiswa

Di masa sekarang ini, ada banyak peluang beasiswa yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Beasiswa-beasiswa ini disediakan baik oleh pemerintah maupun pihak swasta.

Beberapa beasiswa tidak hanya menawarkan pembiayaan kuliah, tetapi juga didukung dengan berbagai kegiatan pelatihan. Nah, kegiatan-kegiatan pelatihan ini bisa menjadi wadah untuk mengembangkan diri.

Baca juga: 6 Cara Cerdas Jadi Mahasiswa Aktif di Kelas

Perlu diingat, bahwa kebanyakan beasiswa memerlukan nilai dan prestasi akademik yang baik. Jadi, siapkan nilai dan prestasi akademik dari awal semester.

3. Berpartisipasi dalam lomba-lomba

Dengan menjadi mahasiswa, kamu juga bisa mengikuti berbagai macam perlombaan baik dari tingkat regional, nasional, hingga internasional. Lomba-lomba ini bisa berupa lomba akademik dan non akademik.


Berpartisipasi dalam lomba, bisa  melatih kemampuan interpersonal dan intrapersonal mahasiswa. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan berbagai pelajaran dari pengalaman-pengalaman lomba tersebut.

Baca juga: 4 Cara Mengelola Screen Time, Mahasiswa Harus Bisa Menerapkannya

4. Ikut proyek penelitian dosen

Biasanya dosen-dosen di kampus memiliki proyek riset. Aktif dalam proyek penelitian dosen ini akan menambah wawasan keilmuan. Terlebih, hal ini bisa melatih mahasiswa sebelum mempersiapkan pengerjaan tugas akhir.

5. Mulai mencari info tentang program Kampus Merdeka

Sekarang ada banyak program Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan. Program-program ini meliputi pertukaran pelajar, studi independen, magang, wirausaha, dan lain sebagainya.

Melalui program ini, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman serta kesempatan yang berharga.

Baca juga: Mahasiswa yang Ikut Kampus Merdeka, Cepat Lulus dan Bergaji Tinggi

6. Mengikuti seminar atau workshop

Biasanya pihak universitas menyelenggarakan seminar ataupun workshop guna mengembangkan keterampilan mahasiswanya. Nah, kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa baru untuk mendalami berbagai materi dalam dunia perkuliahan.

Selain itu, ada banyak juga kegiatan-kegiatan seminar atau workshop yang diselenggarakan di luar kampus, seperti workshop kewirausahaan, keuangan, atau pengembangan karier. Selain menambah ilmu guna meningkatkan kemampuan diri, menjadi ajang untuk menjalin relasi dengan berbagai profesional di bidangnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com