Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Mahasiswa Baru? Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 22/09/2023, 09:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Tahun Akademik 2023/2024 telah berjalan. Banyak kampus yang sudah menjalankan kembali aktivitas perkuliahannya.

Bagi mahasiswa baru (maba) tentu harus menyesuaikan dunia kuliah dengan budaya sewaktu masih duduk di bangku sekolah dulu.

Tentu, ada yang masih harus beradaptasi, tapi ada pula yang sudah bisa menentukan arahnya. Seperti halnya ikut kegiatan di luar kampus.

Meski demikian, masih banyak mahasiswa baru yang bingung setelah kuliah harus ngapain? Maka dari itu, maba butuh tips yang tepat.

Baca juga: 4 Tips Mendapatkan Nilai IELTS Tinggi, Penting bagi Mahasiswa

Dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair), Selasa (29/8/2023), ada beberapa hal yang harus dipahami oleh para mahasiswa baru.

Hal yang harus dilakukan mahasiswa baru

1. Harus menentukan planning

Adapun planning atau rencana tentu hal yang mutlak setiap individu miliki, termasuk bagi maba yang baru mengenal kehidupan kampus.

Maka, kalian bisa menentukan mau fokus ke bidang apa selama kuliah, bisa fokus ke akademik, organisasi, atau kompetisi.

Tujuan dari menentukan planning agar kamu tidak cuma ikut arus. Misal mau fokus ke organisasi, kalian bisa mengikuti organisasi yang sesuai visi misi kalian.

Kalian bisa mulai dari staf, lalu menjadi panitia event, sampai menjadi kepala divisi atau departemen.

Contoh lain jika mau fokus ke akademik. Kalian bisa fokus ke indeks prestasi, lalu menjadi asisten dosen, sampai ikut proyek bareng dengan dosen.

Baca juga: Dosen UM: Ini Cara Beradaptasi Cuaca Dingin Kota Malang bagi Maba

Tujuan yang mau teman-teman capai sudah bisa ditentukan saat masih menjadi mahasiswa baru.

Tapi, tidak menutup kemungkinan kamu memiliki rencana lebih dari satu, misal mau fokus ke akademik sama organisasi. Semua itu balik ke keputusan masing-masing. Hal terpenting adalah kalian harus berani tanggung jawab dengan keputusan yang sudah dibuat.

2. Jangan FOMO

FOMO atau Fear of Missing Out merupakan fenomena takut merasa “tertinggal” dengan orang lain. Misal teman kalian daftar organisasi A, lalu kalian juga ikut daftar organisasi A biar tidak dianggap ketinggalan.

Mahasiswa baru memang rawan untuk ikut-ikutan teman. Jadi, setiap mahasiswa baru harus punya tujuan sendiri, jangan ikut-ikutan teman.

Jadi, jangan sampai kewalahan hingga akademik tertinggal. Sebab, tujuan utama kalia ialah kuliah.

3. Mencari relasi

Saat menjadi mahasiswa, maka kamu harus bisa menambah banyak relasi. Tak hanya dari dalam kampus, tetapi juga bisa dari luar kampus.

Ini bisa dicoba dengan menambah relasi dari kakak tingkat, teman seangkatan hingga dosen. Relasi nantinya bisa membantu teman-teman selama berkuliah.

Misal mendapat referensi tugas dari kakak tingkat, mendapat tawaran magang atau pelatihan, hingga mendapat tawaran proyek atau penelitian bersama dosen.

Baca juga: 4 Tips Menjadi Mahasiswa Aktif, Penting Diketahui Maba

Jadi itulah beberapa hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru. Apalagi saat ini ada Kampus Merdeka, jadi semua mahasiswa harus terus berkembang menjadi generasi unggul bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com