Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengelola Gaji Pertama, Fresh Graduate Harus Tahu

Kompas.com - 24/09/2023, 11:40 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Lulusan baru atau fresh graduate bisa langsung bekerja tentu jadi hal membanggakan. Apalagi setelah menerima gaji pertama.

Sebab, gaji pertama itu menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Pencapaian setelah lulus kuliah terbayar dengan mendapatkan gaji atau pendapatan.

Tapi, seringkali kita tergoda untuk membeli apa yang diinginkan jika nanti mendapat gaji. Padahal, masih ada kebutuhan lain yang dibutuhkan.

Bagi yang akan menerima gaji pertama, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan untuk bisa mengatur gaji pertamamu agar tidak habis begitu saja dan bisa mulai menabung untuk investasi masa depan.

Baca juga: Dosen UMM: Ini Alasan Gaji Fresh Graduate Cepat Habis

Dilansir dari laman Alumni UGM, ini beberapa cara mengatur gaji pertama khususnya bagi para lulusan baru.

Cara mengelola gaji pertama

1. Bisa mengontrol diri

Ada yang langsung mencatat apa saja barang-barang yang ingin dibelinya, mulai dari baju, sepatu, aksesoris, dan sebagainya. Tapi, hal tersebut bukanlah untuk memenuhi kebutuhan melainkan hanya untuk kesenangan sesaat.

Maka, penting untuk bisa mengontrol diri dari membeli barang-barang yang bukan merupakan kebutuhan primer. Memenuhi keinginan untuk kesenangan sesaat hanya akan menghabiskan gaji pertamamu dengan cepat.

Jadi, memilah keinginan dan kebutuhan secara cerdas adalah cara untuk bisa berpikir dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli barang.

2. Catat pegeluaran

Biasanya, rasa senang saa mendapat gaji pertama itu berlangusung 4-7 hari. Ini akan membuat lupa diri dan ingin beli sesuatu karena hasil kerja keras.

Tapi, jangan lupa untuk mencatat pengeluaran agar kondisi keuangan tetap terkontrol.
Mulailah mencatat setiap pengeluaran dan pemasukanmu setiap hari agar bisa mengestimasi rata-rata pengeluaran perbulan.

Baca juga: 7 Perbedaan PPPK dan PNS, Fresh Graduate Sudah Paham?

Cobalah dengan membuat daftar pengeluaran untuk kebutuhan primer seperti uang makan, transportasi, cicilan, dan tagihan, lalu kebutuhan tersier seperti shopping atau hangout dengan rekan agar pengeluaran bisa seimbang dan terkontrol.

3. Mulai investasi

Kalau kamu bisa mengontrol pengeluaran, maka kamu bisa melakukan investasi. Apalagi jika dengan gaji pertama.

Coba sisihkan sedikit dari hasil gaji pertama untuk tabungan tentu saja merupakan hal yang cukup berat terutama di saat kamu sedang ingin membeli banyak keperluan untuk dirimu sendiri.

Maka cobalah untuk membuka rekening bank khusus untuk tabungan dan langsung sisihkan 10 persen atau 15 persen dari gaji pertamamu dan jangan pernah mencoba untuk menggunakannya. Lakukan hal tersebut setiap kali menerima gaji sebelum kamu menggunakannya untuk keperluan.

4. Selalu konsisten

Adapun hal yang selanjutnya dilakukan adalah tetap terus melangkah. Begitu pun dengan mengatur gaji pertama. Jika sudah bisa mengontrol dan menabung dari gaji pertama, maka gaji untuk bulan-bulan selajutnya pun harus demikian.

Selain untuk investasi masa depan, konsisten dalam mengatur dan mengolah gajimu akan membentuk kepribadianmu menjadi lebih tertata.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini 4 Tips Ciptakan Rasa Kekeluargaan di Tempat Kerja

Kamu bisa membuat catatan di smartphone atau di buku catatan kecil sebagai pengingat apa saja yang harus kamu lakukan saat menerima gaji. Biasakan untuk tidak menambah keperluan tersier jika tidak dibutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com