Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengatasi Stres pada Mahasiswa, Salah Satunya Istirahat

Kompas.com - 13/10/2023, 09:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UMN

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa baru tentu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus. Sebab, dunia perkuliahan berbeda dengan saat sekolah dulu.

Apalagi jika nanti banyak tugas kuliah atau berbagai kegiatan yang di kampus yang harus diikuti. Maka mahasiswa rentan mengalami stres atau burnout.

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), burnout adalah jenis kelelahan yang disebabkan oleh seseorang yang terlalu berdedikasi, bekerja terlalu keras atau bekerja terlalu lama.

Mahasiswa juga rentan mengalami kelelahan jika tidak bisa mengatur waktunya dengan baik. Apalagi tidak bisa menjaga kesehatan diri.

Baca juga: Dosen Unesa: Ini 3 Cara Manajemen Waktu agar Tidak Mudah Stres

Jadi, sebaiknya bisa tahu beberapa cara mengatasi stres pada mahasiswa. Apa saja itu?

Cara mengatasi stres pada mahasiswa

1. Harus memberi waktu istirahat

Meski tugas kuliah banyak serta kegiatan kampus padat, tetapi kamu harus bisa memberi waktu untuk istirahat bagi tubuh dan pikiran.

Jika kamu sudah merasa capek, tidak baik untuk terus memaksakan diri bekerja tanpa henti karena hasil akhir yang didapat nantinya bisa saja kurang memuaskan.

Tidak apa-apa untuk beristirahat sejenak sembari mengisi kembali tenaga dan semangatmu. Dengan begitu, kamu dapat merasa bersemangat dan mampu berpikir jernih mengerjakan tanggung jawab yang ada.

2. Buat daftar prioritas

Jika kamu punya banyak kegiatan, maka cobalah untuk membuat daftar prioritas mengenai hal-hal yang dianggap penting. Adanya daftar prioritas membantu kita fokus dan teratur menyelesaikan tanggung jawab secara efektif.

3. Kerjakan sesuai kemampuan

Kalau kamu banyak tugas, maka bisa mengerjakannya sedikit demi sedikit. Jadi kamu jangan memaksa diri atau susuaikan dengan kemampuan kamu.

Baca juga: 4 Cara Hadapi Stres bagi Mahasiswa ala Alumnus Unair

4. Selingi dengan hobi

Untuk cara mengatasi stres pada mahasiswa berikutnya ialah dengan menyelingi kegiatan yang kamu suka atau hobi. Misalnya olahraga.

Ini dilakukan agar kamu tidak stres dengan dunia perkuliahan. Harapannya kamu akan kembali bersemangat untuk memulai aktivitas perkuliahan.

5. Lakukan hal yang kamu suka

Ini hampir sama dengan hobi, tapi ini dilakukan disela kegiatan padat. Misalnya rehat sejenak dengan mendengarkan musik atau menonton film.

6. Bersama orang-orang positif

Jika kamu bersama orang-orang atau teman yang punya energi positif atau kegiatan positif, maka kamu juga akan merasakan energi positif itu.

Intinya, kamu bisa mencari orang yang menurutmu bisa membuatmu lebih rileks dan nyaman untuk bercerita.

7. Aktif bersosialisasi

Untuk melepaskan stres, kamu bisa menghabiskan waktu luang berkumpul dengan orang–orang di sekitarmu.

Selain membuat suasana menjadi lebih santai, kamu juga bisa terhibur dengan mengadakan kegiatan bersama.

Misalnya saja berolahraga, bepergian, atau pun hanya sekedar duduk dan berbincang dengan satu sama lain.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Stres pada Mahasiswa

Jadi itulah beberapa cara mengatasi stres pada mahasiswa, khususnya yang banyak kegiatan di kampus serta banyak tugas kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com