Kompas.com - 08/11/2022, 19:17 WIB
|

KOMPAS.com - Saat menjadi mahasiswa tentunya beban tanggung jawab akan semakin besar. Tidak seperti saat menjadi siswa sekolah.

Sebab, dunia kuliah akan menuntut usaha yang lebih bukan cuma sekedar mengikuti kuliah saja. Akan tetapi banyak tugas kuliah hingga kegiatan yang harus diikuti oleh mahasiswa.

Jika tak bisa mengelola waktu dengan baik, maka mahasiswa rentan untuk mengalami stres. Apalagi jika ada godaan teman untuk mengajak nongkrong dan lain-lain.

Stres timbul ketika tingkat ketegangan melewati tingkat energi kamu, hingga menghasilkan perasaan kewalahan yang berlebihan. Selama tingkat energi masih berada di atas tingkat ketegangan, maka kondisi mental akan baik–baik saja.

Baca juga: Dosen UAD: Ini Cara Menjaga Kesehatan Mental bagi Dosen dan Mahasiswa

Namun ketika energi sedang rendah dan ketegangan tinggi, itu akan menghasilkan kecemasan, depresi dan perasaan kewalahan.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini beberapa tips atau cara mengatasi stres pada mahasiswa.

Cara mengatasi stres pada mahasiswa

1. Konsumsi makanan sehat

Bagi anak kos, tentu makanan cepat saji sudah menjadi hal yang biasa. Tetapi, makanan itu terutama yang mengandung lemak akan menurunkan tingkat energi dalam tubuh sehingga mengarah kepada ketahanan rendah terhadap stres.

Kamu akan berakhir merasa sangat lelah dan justru mengonsumsi makanan junk food untuk menambah energi, yang justru akan membuat tubuh terasa lebih buruk.

Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan sayuran dan buah.

2. Sempatkan olahraga

Saat merasa stres, banyak bergerak akan menjadi hal terakhir yang ingin kamu lakukan. Namun aktivitas fisik selama 20 menit saja akan dapat membantu menurunkan tingkat stres.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.