Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Contoh Energi Alternatif yang Ada di Sekitar

Kompas.com - 06/11/2023, 09:10 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini, manusia masih bergantung dengan sumber daya alam, khususnya energi yang tidak bisa diperbaharui atau energi fosil.

Contohnya minyak bumi yang dijadikan bahan bakar minyak (BBM). Sumber energi fosil itu dijadikan bensin, pertalite, minyak tanah, pertamax, solar, dan sebagainya.

Energi fosil sangat lama proses pembentukannya. Sumber energi yang kita pakai sekarang adalah hasil pembentukan fosil dari beribu tahun yang lalu. Oleh karenanya energi fosil bisa saja habis jika digunakan terus.

Tapi, sebenarnya masih banyak sumber energi alternatif yang ada di bumi. Ada bermacam-macam contoh energi alternatif yang tersedia di alam ini, seperti energi matahari, energi angin, energi air, dan energi panas bumi.

Baca juga: 3 Energi Alternatif Ramah Lingkungan

Dilansir dari laman Kemendikbud Ristek, siswa yang sedang belajar tentang energi alternatif, maka harus tahu contoh energi alternatif yang ada di sekitar kita.

Contoh energi alternatif

1. Energi alternatif air

Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup, tidak hanya manusia saja. Tanpa ada air, semua makhluk hidup tidak akan bertahan hidup dalam jangka waktu lama.

Selain sebagai sumber kehidupan makhluk hidup, air juga merupakan energi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satu manfaat energi air yaitu sebagai sebagai sumber energi.

Energi yang dihasilkan oleh air dapat digunakan untuk menggerakkan mesin yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Mesin-mesin yang dapat digerakkan air seperti pembangkit listrik dan mesin giling. Mesin-mesin itu membantu meringankan pekerjaan manusia.

2. Energi alternatif angin

Angin merupakan salah satu sumber daya alam. Angin bergerak menghasilkan tenaga. Tenaga yang dihasilkan oleh gerak angin dapat dimanfaatkan.

Salah satunya adalah sebagai pembangkit tenaga listrik. Dari angin kemudian bisa menggerakkan turbin untuk menghasilkan energi listrik.

Baca juga: Ini 11 Jenis dan Contoh Energi Alternatif

Atau pada zaman dahulu kapal laut bisa bergerak dengan menggunakan tenaga dari angin yang mendorong layar dari kapal.

Kini juga ada Pembangkit Listrik Tenaga Angin atau sering juga disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). PLTB adalah salah satu pembangkit listrik energi terbarukan yang ramah lingkungan.

3. Energi alternatif biogas

Biogas jadi sumber energi alternatif. Biogas diproses dari bahan organik seperti tumbuhan dan kotoran hewan juga manusia.

Biogas dapat buat dengan teknologi sederhana sampai dengan teknologi yang modern. Biogas merupakan sumber energi alternatif yang murah dan dapat memanfaatkan sampah di sekitar kita.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com