Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 11 Jenis dan Contoh Energi Alternatif

Kompas.com - 16/03/2023, 14:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini, sumber energi banyak dihasilkan dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Karena itu, butuh energi alternatif atau energi terbarukan.

Salah satu contohnya ialah bahan bakar kendaraan konvensional dari bahan bakar fosil. Dampak buruknya ialah dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Adapun bahan bakar fosil yang digunakan bisa berupa minyak bumi, batu bara, dan gas alam. Ketiganya berasal dari makhluk hidup yang mati dan terkubur jutaan tahun lalu dan termasuk energi yang tidak bisa diperbarui.

Maka dari itu, energi tersebut lama kelamaan bisa habis. Untuk itulah dibutuhkan energi alternatif.

Baca juga: 5 Contoh Energi Terbarukan

Bagi siswa yang masih sekolah dan sedang belajar mengenai energi alternatif, berikut ini jenis dan contoh energi alternatif.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), energi alternatif memiliki berbagai jenis sesuai dengan sumbernya. Hal ini sesuai ketersediaan energi dan teknologi yang bisa dimanfaatkan manusia dari alam.

Jenis dan contoh energi alternatif

Berikut ini berbagai jenis dan contoh energi alternatif yang perlu siswa ketahui:

1. Matahari

Energi paling mudah dijumpai ialah berasal dari panas matahari. Panas matahari ini bisa diubah menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya.

Panel surya ini punya rangkaian sel photovoltaic yang diartikan sebagai ‘cahaya-listrik’. Energi alternatif ini bisa menggerakkan kendaraan listrik bahkan perahu listrik yang dipasang panel surya.

Hanya saja penggunaan panel surya masih terbatas karena biaya per wattnya masih relatif tinggi bisa sepuluh kali lipat dari bahan bakar fosil, tergantung keadaan.

Baca juga: Mobil Hemat Energi UNY Pecahkan Rekor Asia, 1 Liter BBM Tembus 544 Km

2. Geothermal

Jika panas matahari dari atas, maka contoh energi alternatif berikutnya ialah berasal dari panas bumi. Adapun Panas bumi (Geothermal) berasal dari dalam bumi yang berasal dari aktivitas vulkanik gunung berapi seperti air panas, uap alam, dan bebatuan kering.

Penelitian di Islandia sudah menemukan kekuatan baru dari energi ini sehingga mampu melipatgandakan jumlah listrik hingga sepuluh kali lipat.

3. Angin

Energi angin juga bisa diubah dari energi kinetik menjadi energi mekanik yang dihubungkan ke mesin generator sehingga menghasilkan energi listrik.

Negara yang sudah lama memanfaatkan energi angin dengan baik ialah Belanda yang memiliki kincir angin besar untuk memompa air irigasi ke pertanian dan penghasil listrik.

4. Biomassa

Sedangkan contoh energi alternatif lainnya yaitu biomassa yang berasal dari sisa pembuangan kotoran manusia atau hewan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com