Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Sehat di Musim Kemarau, Siswa Harus Coba

Kompas.com - 12/11/2023, 10:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini cuaca panas masih terasa. Karena itu, siswa yang masih sekolah perlu tahu tips sehat di musim kemarau.

Sebab, menjaga kesehatan itu penting dan harus dilakukan. Jika sehat, siswa bisa menjalankan aktivitas di sekolah dengan baik.

Tahukah kamu bahwa musim kemarau adalah musim yang sangat rentan terhadap penyebaran penyakit? Penyebaran nyamuk, polusi debu dan virus flu adalah yang paling sering muncul.

Dilansir dari laman Dinas Kesehatan Pemda DIY, ini beberapa tips sehat di musim kemarau yang bisa diterapkan oleh siswa.

Baca juga: Ingin Jaga Ginjal? Terapkan 7 Gaya Hidup Sehat Ini

Tips sehat di musim kemarau

1. Hindari udara panas di siang hari

Sebisa mungkin siswa harus menghindari udara panas di siang hari. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan. Maka, kamu harus tetap berada di tempat yang teduh dan mengkonsumsi banyak air.

2. Pakaian katun yang ringan

Jika memakai pakaian jenis katun yang ringan, maka kulit akan bisa bernapas dan dapat mengurangi keringat. Bakteri penyuka keringat merupakan penyebab dari biang keringat, jadi cobalah untuk tetap menjaga kesejukan agar terhindar dari infeksi.

3. Pakai topi dan tabir surya

Tabir surya dapat menjaga kulit dari efek sinar matahari yang berbahaya. Pakai topi dan tetap berada di tempat teduh membuat kamu tetap merasa sejuk dan kering, yang dapat menjadi solusi untuk terhindar dari bau badan dan biang keringat.

4. Cuci tangan teratur

Kuman hidup dimana-mana, mulai dari alas dapur sampai pada pegangan pintu. Maka kamu secara terus-menerus melakukan kontak dengan kuman.

Baca juga: Remaja Ingin Sehat? Coba Terapkan 10 Gaya Hidup Ini

Jadi mencuci tangan secara teratur adalah kunci untuk melindungi dari kuman yang dapat menyebabkan infeksi di musim panas.

5. Tetap terhidrasi

Air segar dan jus akan menjaga anak terhidrasi dan sejuk. Periksalah bahwa air minum yang dikonsumsi aman atau telah ditangani dengan tepat terhindar dari infeksi pada air seperti gastroenteritis. Maka cukupi kebutuhan air putih setiap harinya.

6. Konsumsi makanan sehat

Adapun tips sehat di musim kemarau berikutnya ialah tetap mengonsumsi makanan sehat. Vitamin secara alami mendorong sistem kekebalan tubuh.

Jadi banyak konsumsi buah segar dan sayur untuk dapat membantu melawan infeksi musim panas. Pastikan buah dan sayur tersebut telah dicuci dengan air bersih.

7. Hindari menggosok mata

Coba pergunakan handuk dan atau sapu tangan bersih untuk menghindari infeksi mata yang dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Ini dilakukan saat kamu menggosok mata.

8. Jaga bak air mandi tetap bersih

Wadah air atau bak mandi harus dikosongkan, dikeringan, lalu diisi ulang secara teratur untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk.

Baca juga: Anak Tetap Sehat di Musim Kemarau dengan 5 Langkah Ini

9. Mandi teratur

Agar tubuh tetap sehat, maka harus mandi dengan teratur. Tentu ini juga dapat menghindari keringat berlebih ketika cuaca panas.

Jadi itulah beberapa tips sehat di musim kemarau yang bisa dicoba oleh siswa, mahasiswa atau masyarakat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com