Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Pelajar Saat Belajar UTBK

Kompas.com - 22/11/2023, 08:07 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan ujian yang menjadi pintu gerbang masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Untuk mencapai hasil optimal, para pelajar harus mempersiapkan diri dengan baik.

Namun, seringkali terdapat kesalahan umum yang dilakukan pelajar saat belajar untuk UTBK. Kesalahan-kesalahan inilah yang justru bisa menghambat mereka dalam meraih hasil yang maksimal.

Baca juga: 26 Episode Merdeka Belajar yang Digagas Mendikbud Nadiem Makarim

Dilansir dari lembaga bimbingan belajar, Zenius Education, Selasa (21/11/2023). Berikut adalah 8 kesalahan yang perlu dihindari pelajar saat belajar UTBK.

1. Ambis belajar sampai kurang tidur

Banyak siswa yang sangat giat belajar sampai mengorbankan jam tidurnya. Padahal, tidur sangat penting untuk proses belajar.

Belajar secara umum terdiri dari tiga tahap, yaitu akuisisi, konsolidasi, dan recall. Akuisisi yaitu informasi baru masuk ke dalam otak.

Konsolidasi yaitu proses memori menjadi lebih stabil. Selanjutnya, recall yaitu proses mengambil kembali informasi yang tersimpan.

Tahap akuisisi dan recall berlangsung saat kita bangun. Sedangkan tahap konsolidasi memori berlangsung saat kita tidur dengan cara menguatkan koneksi antara neuron.

2. Tidak mengetahui cara belajar yang efektif

Salah satu aspek krusial yang kerap terabaikan dalam perjalanan persiapan UTBK adalah kurangnya pemahaman akan cara belajar yang efektif.

Banyak pelajar, terlepas dari kecerdasan dan motivasi mereka, sering kali bingung tentang metode pembelajaran yang paling sesuai dengan gaya belajar individual mereka.

Mereka mengaku telah belajar berjam-jam, tetapi hanya sedikit materi yang dipahami atau diingat. Maka dari itu, penting untuk mempelajari teknik dan strategi belajar yang efektif.

Baca juga: 15 Jurusan Kedokteran Berakreditasi Unggul, buat Daftar Tahun 2024

3. Belajar banyak hal, tetapi konsep dasar materi masih lemah

Kesalahan lainnya adalah tidak memahami konsep dasar dari setiap mata pelajaran. Materi dasar dari akan sangat berguna untuk belajar materi-materi lanjutan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Maka dari itu, sebaiknya konsep dasar ini diperkuat sebelum lanjut ke materi-materi tingkat lanjut.

4. Banyak menghafal bukan memahami materi

Pelajar sering tergoda untuk menghafal tanpa benar-benar memahami konsep, yang dapat menyulitkan ketika dihadapkan pada soal-soal yang memerlukan pemahaman mendalam.

Padahal sebagian besar soal UTBK menggunakan pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS), untuk menjawab soal ini diperlukan pemahaman konsep suatu materi dan penerapannya. Tidak bisa hanya mengandalkan rumus-rumus cepat.

5. Cenderung pasif dalam belajar

Ketika belajar UTBK, pelajar bisa menonton video pembelajaran atau membaca buku yang berisi materi UTBK. Pembelajaran seperti ini disebut sebagai belajar pasif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com