Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMKN 1 Buduran Beberkan 5 Jenis Kain untuk Wilayah Tropis

Kompas.com - 24/11/2023, 08:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia berada di wilayah tropis. Tentu, hal itu memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakatnya.

Jumlah iklimnya yang hanya iklim hujan dan iklim kemarau membuat berbagai jenis flora dan fauna bisa berkembang di wilayah tropis seperti Indonesia.

Di Indonesia juga mendapat pancaran sinar matahari yang cukup, apalagi di musim kemarau. Karena pancaran sinar itu tentunya menjadikan banyak orang yang merasa kepanasan.

Maka dari itu, dibutuhkan pakaian yang cocok dengan jenis bahan atau kain agar tidak mengganggu saat beraktivitas.

Baca juga: Lulusan Vokasi Ini Sukses Kembangkan Dua Usaha

Ada berbagai jenis bahan pakaian yang bisa digunakan untuk menyesuaikan kondisi iklim di wilayah tropis Indonesia.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Kamis (23/11/2023), guru Jurusan Tata Busana, SMKN 1 Buduran, Sidoarjo, Kusrianah, memberikan informasi terkait 5 jenis bahan pakaian yang cocok digunakan di wilayah tropis.

Jenis kain yang cocok di wilayah tropis

1. Kain Katun

Kain ini mempunyai kualitas yang bagus untuk menyerap suhu panas. Kain yang terbuat dari serat alami ini bisa menjadi opsi karena memiliki kelebihan yakni bisa menghangatkan tubuh ketika dingin dan menyejukkan ketika panas.

Kain katun memiliki beragam jenis, seperti kain katun ima, katun jepang, dan katun toyobo.

2. Kain Linen

Bagi sebagian orang tentu masih jarang mendengar jenis kain ini. Kain linen merupakan jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat sprei.

Baca juga: 5 Jenis Keramik Berdasarkan Fungsinya, Info Ditjen Vokasi

Saat ini eksistensi kain linen kian mencuat di kehidupan kita. Bahannya yang sejuk dan tampilannya yang vintage membuat kain ini cocok untuk dijadikan berbagai jenis pakaian seperti dress, coat, dan celana kulot.

3. Kain Sutra

Kain yang dihasilkan oleh ulat sutra ini menjadi salah satu kain termahal di dunia. Meskipun harganya mahal, kain sutra memiliki berbagai keunggulan jika dijahit menjadi sebuah pakaian.

Kain sutra memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu, kain sutra juga memiliki sirkulasi yang baik sehingga kain ini sangat cocok jika digunakan saat musim panas.

Karena dapat membantu tubuh tetap sejuk dan kering meskipun cuaca sedang panas-panasnya, maka kain ini juga cocok di daerah tropis.

4. Kain Rayon

Sedang kain rayon merupakan kembaran dari kain sutra versi merakyat. Kain ini terbuat dari selulosa murni. Kain rayon merupakan salah satu kain yang popular di industri tekstil.

Teksturnya yang halus dan lembut menjadikan kain ini memiliki daya serap tinggi sehingga aman dan nyaman jika digunakan di cuaca panas.

5. Kain Jersei

Sementara jenis kain berikutnya yang cocok digunakan di wilayah tropis ialah kain jersei. Kain jersei memiliki ketebalan yang cukup tipis, tekstur licin, dan jatuh di badan.

Kain ini banyak digunakan untuk menjadi pakaian olahraga karena kain ini memberikan efek dingin pada kulit dan mampu menyerap keringat.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pupuk Organik, Info Ditjen Vokasi

Jadi itulah beberapa jenis kain yang cocok digunakan di wilayah tropis Indonesia. Tentu, info ini cocok bagi masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com