Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nicholas, Peraih Emas di Olimpiade Sains Ini Mau Jadi Mendiknas!

Kompas.com - 01/10/2014, 11:49 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tak ada keberhasilan yang diraih hanya dalam semalam. Untuk mencapainya dibutuhkan pengorbanan, ketekunan, serta kerja keras. Pengalaman menjadi guru.

Itulah prinsip utama yang dipegang Nicholas Susanto Tjandra (17), pelajar IPEKA Puri, Jakarta Barat, peraih medali emas bidang Matematika di Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 di Lombok. Baca: Sekolah Kristen IPEKA Raih 3 Emas di Olimpiade Sains Nasional.

Merunut kembali perjalanan meraih emas, Nicholas menuturkan, persiapannya sangat keras. Kali pertama, dirinya harus berkompetisi dengan rekan-rekan satu sekolahnya. Setelah lolos, ia masih harus bersaing lagi di tingkat kotamadya Jakarta Barat. Lepas dari seleksi tersebut, ia naik ke jenjang provinsi.

Di tingkat provinsi pun Nicholas masih menghadapi seleksi lagi. Ada dua tahap seleksi dia hadapi. Tahap pertama ada 125 orang, dengan 25 orang diantaranya dari masing-masing tingkat kotamadya di Jakarta. Mereka dikumpulkan di satu tempat dan diberi pelatihan.

Proses selanjutnya, dari 125 orang itu kembali diseleksi untuk diambil 50 orang siswa. Dari sekitar 50 orang itulah yang kemudian mewakili kontingen DKI Jakarta dan dipertandingkan untuk tingkat provinsi melawan provinsi lainnya. Setelah itu, barulah Nicholas melenggang masuk ke tingkat nasional.

"Memang berat, tapi saya tetap enjoy supaya tidak stres. Saya menikmati semua pelatihan yang diberikan saat di karatina. Sebelumnya, saya sudah mengikuti lomba OSN dari tingkat SMP, sehingga ilmunya terpakai terus sampai sekarang," ujar Nicholas kepada Kompas.com, pekan lalu.

Untuk menjadi yang terbaik, dia mengaku harus bersaing dengan banyak siswa. Di tingkat nasional, saingannya ada 99 orang untuk dipilih menjadi 30 pemenang dan mendapatkan 15 perunggu, 10 perak, serta 5 emas.

Nicholas mengaku, dirinya menghadapi banyak "tekanan". Dia menilai, para "jawara sains" tersebut tidak hanya datang dari provinsi di Jawa, tetapi dari seluruh Indonesia.

"Bakat itu tersebar di semua siswa di Indonesia. Hanya saja, guru-guru bagus tidak tersebar di sana. Guru-guru yang bagus kebanyakan ada di ibukota atau provinsi-provinsi besar. Jadi, memang yang sudah tahunan rutin hasilnya bagus itu di seputaran Jawa saja," kata pelajar SMA IPA kelas 12 ini.

Pengalaman

Nicholas mengaku tidak ada punya banyak beban saat tampil di OSN. Dia mengatakan, pengalaman selama inilah yang membuatnya demikian.

"Memang, pada awal-awal ikut OSN dulu saya kewalahan," tutur pelajar kelahiran 25 September 1997 ini.

Ketekunan dan kerja keras Nicholas diuji. Selama mengikuti OSN, dia benar-benar belajar keras, selain juga harus menjaga kondisi tubuhnya agar senantiasa bugar. Pun, yang tak kalah penting, dia harus mempersiapkan mentalnya.

"Soal matematikanya tertulis, tak ada praktik. Dua hari hanya untuk lomba. Setiap hari ada empat soal. Empat soal dengan waktu empat jam. Jadi, mengerjakan semua soal dalam waktu empat jam. Untuk itu saya harus selalu fit dan tentu saja, siap mental juga," katanya. 

Atas keberhasilan itu, Nicholas menyatakan terima kasih kepada sekolahnya yang terus memberikan bimbingan atau jam pelajaran tambahan. Selain itu, sekali setiap pekan, dia juga mendapat bimbingan dari guru privat bersama teman-temannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com