Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Akhir Pekan untuk Jazz

Kompas.com - 08/10/2011, 04:55 WIB

Oleh Madina Nusrat dan Agnes Rita Sulistyawati

Musik jazz yang begitu dinamis, sarat improvisasi, dan sentuhan pribadi musisinya tak pernah lepas dari perhatian penggemarnya di Jakarta. Dalam temaram kota Jakarta, alunan musik itu mengalir dari panggung dan kafe untuk menyemangati malam akhir pekan. 

Pentas jazz di alam terbuka Pasar Seni Ancol merupakan satu lokasi yang sangat akrab bagi penggemar musik yang satu ini. Saban Jumat malam, satu penampil menggoyang panggung dengan alunan jazz dalam kemasan acara New Friday Jazz Nite yang dimulai pukul 20.00.

Pertunjukan itu dapat dinikmati oleh semua pengunjung Ancol alias gratis. Seperti kemeriahan yang dihadirkan band Bluesteel Harmony, Jumat (30/9). Penontonnya sangat cair dan bebas mengambil tempat di bangku-bangku atau anak tangga di sekeliling panggung.

Grup dengan tampilan big band ini khusus memberi warna pada Jumat malam itu dengan membawakan sederetan lagu Michael Buble. Lagu-lagu yang ditampilkan antara lain ”Haven’t Met You Yet”, ”All I Do is Dream of You”, ”Save the Last Dance for Me”, ”Everything”, dan ”Home” yang sangat dikenal di kalangan penggemar Buble.

Dengan didukung permainan musik yang cukup prima, grup ini mampu menahan para penonton tak beranjak dari bangku hingga menjelang tengah malam. Penonton yang sebagian besar datang berpasangan dan juga berkelompok bersama teman-temannya menyimak dan ikut bersenandung dari setiap lagu yang ditampilkan.

Menurut Ali, pembawa acara New Friday Jazz Nite, grup jazz yang ditampilkan memang kelompok pilihan. Namun, dia mengakui, ada pula grup yang tampil dengan kemampuan standar. Sebab, setiap minggu grup yang tampil selalu berganti-ganti sehingga tak semuanya memiliki kemampuan prima.

Biasanya jika yang tampil adalah grup musik terkenal, area di sekitar panggung selalu disesaki penonton. Begitu juga ketika Kahitna tampil, penontonnya meluber hingga keluar arena pertunjukan jazz.

Di antara penonton ada yang hanya datang kalau di panggung jazz itu menampilkan artis terkenal. Namun tidak sedikit penonton yang sangat setia hadir di setiap pertunjukan New Friday Jazz Nite. Salah satunya adalah Ali Hanafi, imam Masjid Istiqlal.

”Biar saya ini imam masjid dan lingkungan keseharian cukup agamis, tetapi saya sangat menyukai jazz, terutama menyaksikan pertunjukan New Friday Jazz Nite. Grup yang tampil di pentas ini rata-rata memiliki kemampuan yang mumpuni. Salah satunya Emerald Band,” katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com