Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Finalis Lomba Bahasa Perancis

Kompas.com - 21/03/2012, 16:46 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Lebih dari 60.000 mahasiswa dan siswa sekolah menengah di Indonesia belajar bahasa Perancis. Sekitar 400 mahasiswa Indonesia berangkat setiap tahunnya ke Perancis untuk melanjutkan studi.

Melihat minat masyarakat Indonesia yang cukup tinggi dalam mempelajari bahasa Perancis, Institut franç ais dIndoné sie (IFI) telah menyelenggarakan empat lomba dalam rangka perayaan pekan Frankofoni sedunia 2012. Pekan Frankofoni sedunia ini bertujuan untuk mendorong dan mempromosikan bahasa Prancis di seluruh dunia.

Dengan lebih dari 220 juta penutur dan 75 negara anggota Organisasi Frankofoni Internasional (OIF), bahasa Perancis dirayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Harun Kristiawan dari Bagian Penerangan dan Pers IFI, di Jakarta, Rabu (21/3/2012), menjelaskan, untuk menyambut pekan Frankofoni sedunia 2012, IFI menggelar lomba bahasa Prancis tingkat nasional.

Perlombaan dibagi dalam empat kategori, yakni lomba foto bagi umum, yang terbuka bagi seluruh warga Indonesia penutur bahasa Perancis, lomba puisi bagi siswa sekolah menengah, lomba mengarang bagi para pengajar bahasa Perancis, dan lomba pembuatan video bagi mahasiswa program studi bahasa Prancis di berbagai universitas dan murid-murid Alliances franç aises dan IFI.

Perlombaan tersebut diikuti oleh lebih dari 500 orang penutur bahasa Perancis. Para juara dari setiap lomba akan mendapat hadiah karyawisata budaya dan linguistik ke Perancis, di Institut Mé diterrané en des Etudes Franç aises di kota Montpellier, dan akan berwisata ke Paris di akhir pekan.

Kedelapan finalis lainnya akan menerima bingkisan sebelum mereka kembali ke kota masing-masing. Dari tiap kategori dipilih tiga finalis yang akan menjadi tamu kehormatan dalam acara malam penghargaan di kediaman Duta Besar Prancis untuk Indonesia pada Kamis malam.

Untuk kategori lomba untuk umum, para finalis yang ditetapkan adalah Achmad Shofwan dari Malang, Widiyanto Priyo dari Bekasi, dan Made Sudarmaya dari Gianyar.

Di kategori lomba tingkat sekolah menengah, finalisnya adalah Elfrida Sidabariba (SMA Santa Lusia Sei Rotan, Deli Serdang), Farid Handayani (SMAN 1 Tumijajar, Tulang Bawang Barat, Lampung), dan Rifki Aminuddin (MAN 2 Kota Bogor).

Adapun untuk kategori lomba tingkat pengajar, para finalisnya adalah Joseph Sulaksana, pengajar di Alliance franç aise Denpasar, Icha Ayu Zatmika, pengajar di Institut franç ais dIndoné sie Bandung, dan Netti Ratnawati Warsita, pengajar di SMK N 27 dan SMA 28 Oktober 1928 Jakarta.

Untuk kategori lomba tingkat mahasiswa yakni Ria Fitrasih (Universitas Negeri Semarang ), Tawisku Galuh Rufaida (Universitas Indonesia ), dan Mikail Sandhy Lingga Atmaja (siswa Institut franç ais de Jakarta (IFI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com