Kompas.com - 16/02/2015, 12:48 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
JAKARTA, KOMPAS.com - Holland Scholarship, program beasiswa studi ke Belanda terbaru, dibuka hari ini, Senin (16/2/2015). Program beasiswa ini mendukung 768 pelajar internasional setiap tahunnya untuk menempuh studi S-1 atau S-2 ke Belanda.

Tak hanya itu. Holland Scholarship juga mendukung 768 mahasiswa Belanda untuk mendapatkan bantuan biaya untuk kuliah, magang atau melakukan riset di negara di luar area Ekonomi Eropa selama minimal tiga bulan.

"Tujuan program beasiswa ini untuk meningkatkan profil perguruan tinggi Belanda dan mendukung mobilitas pelajar menuju maupun keluar dari Belanda," kata Menteri Menteri Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Jet Bussemaker, dalam siaran pers kepada KOMPAS.com di Jakarta.

Holland Scholarship merupakan beasiswa nasional Belanda untuk pelajar internasional dan Belanda. Program tersebut diwujudkan sebagai hasil kerjasama Kementerian Pendidikan, Budaya dan Ilmu Pengetahuan Belanda, Asosiasi Universitas Riset Belanda (VSNU), Asosiasi Universitas Ilmu Terapan Belanda dan EP-Nuffic.

Adapun penggerak program ini antara lain adalah dokumen Joint International Vision yang ditulis oleh Asosiasi Universitas Riset Belanda dan Asosiasi Universitas Ilmu Terapan Belanda serta International Vision Memorandum dari Menteri Pendidikan Belanda (Juni 2014). Empat puluh delapan universitas riset dan universitas ilmu terapan Belanda berpartisipasi dalam program ini dan juga berkontribusi pada setengah dari biayanya.

"Pengalaman internasional akan memberikan nilai tambah yang bagus untuk pelajar. Meninggalkan kenyamanan lingkungan sekitar untuk sementara demi studi atau magang di budaya dan lingkungan berbeda akan sangat memperkaya pengalaman mereka," ujar Bussemaker.

Baca: Catat... Empat Beasiswa Paling Populer untuk Studi ke Belanda!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.