Kompas.com - 26/02/2015, 12:30 WIB
Ritsumeikan University terpilih oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jepang masuk dalam universitas kelompok Global 30 di Jepang.
Dok Ritsumeikan UniversityRitsumeikan University terpilih oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jepang masuk dalam universitas kelompok Global 30 di Jepang.
EditorLatief
KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah butuh pertimbangan, apalagi kuliah di luar negeri. Pertimbangan pertama adalah bidang yang disukai atau diminati.

Kedua, manfaatnya bagi masa depan dan lingkungan sekitar. Pertimbangan ketiga adalah perguruan tinggi yang patut dipilih untuk mendalami bidang studi tersebut.

Bidang studi kebijakan publik atau hubungan internasional dapat dipilih, terutama bagi pelajar yang menyukai kehidupan sosial dan isu-isu global. Alasannya, kedua jurusan tersebut punya manfaat baik bagi kehidupan sosial di masa kini dan akan datang. Dari kedua jurusan itu, mahasiswa dapat membawa pulang kemampuan akademisnya untuk mengetahui beragam penyebab kompleksnya masalah sosial sekaligus mencari solusinya.

Urusan tempat yang mampu menawarkan sistem pendidikan yang baik untuk kedua jurusan tersebut, Jepang patut masuk dalam daftar pilihan. Jepang punya Ritsumeikan University yang menawarkan dua fakultas unggulan, yakni Fakultas College of Policy Science /Community and Regional Policy Studies Major (CRPS), serta Fakultas College of International Relations/ Global Studies Major (GS).

Jangan khawatir soal bahasa. Dua fakultas tersebut menawarkan program S-1 kelas internasional sehingga kegiatan semua kuliahnya menggunakan pengantar bahasa Inggris.

"Saat seleksi masuk mahasiswa tidak membutuhkan kemampuan bahasa Jepang. Namun, nantinya mahasiswa tetap akan mempelajari bahasa Jepang, karena pelajaran bahasa setempat masuk dalam kurikulum," ujar Matthew Wortley, Senior Admission Officer Ritsumeikan University, kepada KOMPAS.com, Kamis (26/2/2015).

Matthew menuturkan, di Fakultas College of Policy Science/Community and Regional Policy Studies Major (CRPS) mahasiswa akan memperoleh ilmu untuk menemukan solusi atas kompleksitas masalah sosial. Bidang studi ini membekali mahasiswanya dengan kemampuan akademik untuk mengklarifikasi penyebab isu-isu sosial dan menemukan langkah-langkah penyelesaiannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para profesor yang mengajar di fakultas itu memiliki latar belakang akademik luas. Hasilnya, mahasiswa meraih ilmu dari beragam bidang, misalnya perencanaan kota, kebijakan lingkungan, pengembangan wilayah regional, sampai kebijakan publik internasional dan hukum konstitusi.

Dok Ritsumeikan University Di Fakultas College of Policy Science/Community and Regional Policy Studies Major (CRPS) mahasiswa akan memperoleh ilmu untuk menemukan solusi atas kompleksitas masalah sosial.
Adapun Fakultas Policy Science membuka kelas kecil, dan hanya menerima 20 mahasiswa per angkatan. Dengan begitu, kegiatan perkuliahan terasa lebih ideal bagi pengembangan kemampuan berkomunikasi dan kerja kelompok. Mahasiswa juga dapat lebih aktif berpartisipasi dalam diskusi dan presentasi.

"Semua disiplin ilmu juga terhubung dalam visi fakultas untuk memberi mahasiswa pengetahuan dan kemampuan dalam mengurai bermacam persoalan dunia," kata Matthew.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X