Kompas.com - 06/04/2015, 16:30 WIB
|
EditorLatief
DEPOK, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) 2015, yang bukan lagi menjadi indikator utama kelulusan bagi para siswa, merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Salah satu terobosan lain dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terhadap pelaksanaan UN adalah diterapkannya UN berbasis computer atau Computer Based Test (CBT).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan telah meninjau pelaksanaan uji coba UN CBT di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia. Ihwal UN berbasis komputer atau CBT dipilih sebagai suatu terobosan, Mendikbud mengatakan, jika setiap ujian diikuti oleh sekitar 7,3 juta siswa, cara tersebut mengakibatkan pemborosan logistik.

"Jadi, dengan UN berbasis komputer bisa menjadi solusi bagi pelaksanaan UN yang hemat biaya," ujar Mendikbud pada Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2015 di Depok, Senin (30/03/2015).

Mendikbud mengatakan, perkembangan teknologi digital terus memberikan pengaruh kepada para siswa. Para siswa telah terbiasa dengan penggunaan media digital sebagai alat belajarnya.

"Anak-anak sudah terbiasa menggunakan media digital, jadi saat ini akan mulai dicoba ke 585 sekolah di seluruh Indonesia yang sudah memiliki fasilitas komputer lengkap," kata Mendikbud.

Baca juga:  Mendikbud: Seratus Persen Kelulusan Ditentukan oleh Sekolah!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.