Kompas.com - 23/10/2015, 07:24 WIB
Memilih sekolah di luar negeri, khususnya di Belanda misalnya, pelajar akan dihadapkan pada pertimbangan bahwa memilih bukan hanya sekadar urusan terkenal atau tidak, tapi cocok atau tidak.

M LATIEF/KOMPAS.comMemilih sekolah di luar negeri, khususnya di Belanda misalnya, pelajar akan dihadapkan pada pertimbangan bahwa memilih bukan hanya sekadar urusan terkenal atau tidak, tapi cocok atau tidak.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Banyak perguruan tinggi di luar negeri menawarkan program studi menarik. Pelajar Indonesia bebas memilih dengan nama tenar dan berpredikat favorit asal sesuai dengan negara dan jurusan yang dipilih.

Namun, memilih sekolah di luar negeri, khususnya di Belanda misalnya, pelajar akan dihadapkan pada pertimbangan bahwa memilih bukan hanya sekadar urusan terkenal atau tidak, tapi cocok atau tidak.

"Pertama, ketahui jawabannya kenapa pilih Belanda. Pasti ada alasannya, kalau tidak, percuma. Kalau soal itu Anda tahu, silakan tentukan kampusnya atau universitasnya sebagai langkah berikut," ujar Koordinator Beasiswa di Netherlands Education Support Office (Nuffic Neso Indonesia), Indy Hardono, seperti dilansir oleh Kompas.com (9/2/2015).

Menurut dia, dalam perencanaan studi di luar negeri, alasan (why) adalah tujuan utama, bukan yang lain. Terapkan langkah berikut untuk mengetahui kampus mana yang cocok:

Kenali passion

Menentukan jurusan adalah keputusan terbesar harus dibuat saat ingin melanjutkan pendidikan jenjang ke perguruan tinggi. Untuk itu, pilihlah yang sesuai dengan passion atau minat Anda.

Saat menekuni satu bidang, banyak hal akan berubah. Perubahan itu mulai dari cara pandang untuk melihat dan memecahkan suatu masalah, cara mengisi sebagian waktu luang, hingga jaringan yang akan dibangun semasa menempuh pendidikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanpa itu (passion), niscaya waktu kuliah akan sangat membosankan. Meski tak dimungkiri, ada banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan jurusan.

Saran dari orangtua, teman dan lingkungan sekitar bisa dijadikan pertimbangan. Ada juga yang memilih jurusan karena ajakan teman atau berpikir soal pintu karier yang lebar. Namun, selalu ingatlah untuk tidak terfokus pada pertimbangan yang tidak berhubungan langsung dengan minat, rencana dan tujuan pendidikan.

Lokasi dan pendanaan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X