Kompas.com - 26/08/2016, 14:12 WIB
Banyak cara untuk bisa kuliah ke Amerika Serikat freedomoutpost.comBanyak cara untuk bisa kuliah ke Amerika Serikat
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Kuliah ke Amerika Serikat (AS) memang lebih mahal ketimbang kawasan Eropa, Australia, atau Asia. Hal itu dinilai wajar, karena banyak perguruan tinggi terbaik dunia ada di sana.

Pada tahun ajaran 2014/2015 saja, biaya kuliah di AS mencapai 42.419 dollar AS per tahun atau sekitar Rp 563 juta dalam kurs saat ini. Dilansir dari topuniversities.com, angka-angka itu belum termasuk kebutuhan pangan dan transportasi sehari-hari.

Tapi, sering kali bergantung pada beasiswa saja tak cukup. Terlebih lagi, jika mahasiswa kuliah dengan biaya orang tua atau pribadi. Karena itu, mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia, harus cerdik mengatur dana studi dan mencari uang tambahan.

"Community college"

Sebelum memutuskan kuliah ke AS, ada baiknya periksa dana yang dimiliki, cukup atau tidak. Kalau simpanan terbatas, calon mahasisa wajib membuat perencanaan studi sesuai budget.

Salah satu pilihan adalah mendaftar ke community college sebelum meneruskan ke perguruan tinggi di AS. Calon mahasiswa bisa mengambil beberapa mata kuliah umum di community college selama dua tahun.

Perguruan tinggi AS menerapkan sistem kredit atau Satuan Kredit Semester (SKS). Program S-1 biasanya membutuhkan 120 sampai 128 SKS. Nah, lebih kurang 60 SKS bisa "dicicil" terlebih dulu di community college.

THINKSTOCKPHOTOS Salah satu "community college" di Florida, AS.

Contoh, seorang mahasiswa berencana menjadi guru sekolah dasar dan membutuhkan gelar sarjana pendidikan. Dia bisa menempuh dua tahun kuliah di community college dan lulus dengan gelar Associate of Arts di bidang pendidikan anak usia dini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, dia melanjutkan ke perguruan tinggi untuk mengejar gelar sarjana. Dengan begitu dia bisa mengajar di sekolah dasar atau taman kanak-kanak.

Hal tersebut cukup umum dilakukan di AS. Data American Association of Community College tahun 2012 menunjukkan, hampir setengah dari 12,4 juta mahasiswa yang terdaftar di 1.167 community college melanjutkan ke jenjang S-1 di perguruan tinggi AS.

Memang, kuliah di community college lebih hemat dibanding perguruan tinggi pada umumnya. Sebagai gambaran, untuk menyelesaikan 24 SKS di salah satu community college di California memakan dana sekitar 6.000 dollar AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.