Mau Kerja di Perusahaan Asing, Sudah Tahu Kebutuhan "Skill"-nya?

Kompas.com - 04/10/2016, 18:28 WIB
Distrik Shibuya di Tokyo, Jepang. KOMPAS/WINDORO ADIDistrik Shibuya di Tokyo, Jepang.
|
EditorPalupi Annisa Auliani

TOKYO, KOMPAS.com – Fanny Lupita (23) baru saja lulus dari program studi Manajemen Internasional di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU). Saat itu, 2013, ia memutuskan bekerja di Jepang, negeri tempatnya mencari ilmu, untuk mencari pengalaman.

Begitu dinyatakan lolos seleksi Mitsui Sumitomo Bank yang berbasis di Tokyo, Fanny pun sontak bertolak dari Beppu, tempat sekolahnya berada sekaligus tempat domisilinya selama ini.

Meski sudah tinggal bertahun-tahun di Jepang, Fanny tetap harus beradaptasi dari nol seketika masuk ke dunia kerja di sana. Dia harus belajar cepat untuk mengikuti standar dunia karier Jepang.

Sudah begitu, dia juga harus bisa bertahan hidup di kota metropolitan yang dikenal dengan biaya hidup tinggi itu.

“Di sini standar kerjanya tinggi. Apa-apa dilakukan serba cepat dan tepat. Biaya hidup juga tinggi, tetapi setimpal dengan pendapatannya,” ujar Fanny saat ditemui Kompas.com di kantor APU Tokyo, Sabtu (24/9/206).

KOMPAS/WINDORO ADI Harajuku, di Distrik Shibuya, Tokyo, Jepang.

Di tempatnya bekerja, Fanny menangani Foreign Exchange Trade Fund (ETF)—transaksi valuta asing. 

“Kalau di kantor, saya berhadapan dengan enam layar monitor untuk memantau, menghimpun, dan menganalisis informasi mengenai kondisi pasar saham asing,” tutur Fanny.

Kata Fanny, ia perlu tahu apa saja yang mempengaruhi nilai indeks pasar mata uang, transaksi, dan kondisi makroekonomi negara-negara lain. 

Untuk pantauan pergerakan pasar keuangan Amerika Serikat—yang jam kerjanya pada pukul 20.30 sampai 04.00 waktu Tokyo—misalnya, Fanny mengejar informasinya sepagi mungkin pada keesokan hari. 

"Sumbernya bisa dari koran AS atau internet," sebut dia.

Nah, saat berada di kantor, Fanny dan rekannya mendiskusikan perkiraan pasar untuk hari itu berdasarkan hasil mereka menghimpun informasi tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X