Cek Ulang, Melamar Kuliah ke Belanda Perlu Apa Saja?

Kompas.com - 06/11/2016, 08:07 WIB
Persiapan matang perlu dilakukan calon mahasiswa sebelum berangkat ke Belanda untuk menuntut ilmu.
M LATIEF/KOMPAS.comPersiapan matang perlu dilakukan calon mahasiswa sebelum berangkat ke Belanda untuk menuntut ilmu.
|
EditorPalupi Annisa Auliani


KOMPAS.com
 – Pelajar Indonesia yang berminat mendaftar ke perguruan tinggi Belanda lebih baik banyak-banyak mencari informasi. Pasalnya, seleksi masuk universitas di sana cukup beragam, tergantung studi yang diambil dan kampus yang dituju.

"Untuk bidang studi tertentu, calon mahasiswa memang diwajibkan mengikuti beberapa jenis tes," ucap Head International Office Social Sciences of Radboud University Nijmegen, Belanda, Robin E Kayser, ketika ditemui dalam acara pameran pendidikan Dutch Placement Day 2016 di Erasmus Huis, Jakarta, Jumat (4/11/2016).

Bidang studi yang lebih kompleks, lanjut Kayser, cenderung membutuhkan level pemahaman dasar cukup kuat.

"Untuk studi Artificial Intelligence (di universitas kami), calon mahasiswa diharuskan mengikuti tes matematika karena mereka perlu mencapai penguasaan matematika pada tingkat lebih tinggi," ungkap Kayser, saat berbincang dengan Kompas.com di sela pameran yang diselenggarakan Nuffic Neso tersebut.

Beberapa jurusan di Radboud University Nijmegen mengharuskan pula calon mahasiswanya menulis motivation letter ketika mendaftar. Terlebih lagi jika jumlah kursi yang ditawarkan terbatas.

"Program studi psikologi kami, misalnya, tahun ini jumlahnya akan dikurangi dari 700 kursi menjadi 500 saja. Jadi, kami lebih selektif. Motivasi calon mahasiswa juga kami nilai," tutur Kayser.

Namun, secara umum universitas di sana hanya meneliti dokumen lamaran saat melakukan seleksi penerimaan. Dari dokumen itu ditelaah kecocokan calon mahasiswa dengan bidang studi yang diminati.

Beda kampus, beda syarat

Perlu diketahui, tiap perguruan tinggi di Belanda punya kebijakan sendiri soal penerimaan mahasiswa. Beda perguruan tinggi, lain pula tolok ukurnya.

Perwakilan Fontys University of Applied Sciences, misalnya, di acara itu menyampaikan tidak ada tes tambahan saat mendaftar ke kampusnya. Hanya saja, beberapa bidang studi menuntut kriteria lebih spesifik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X