Kompas.com - 20/04/2018, 20:01 WIB
Bodo amat berarti Anda tetap merasa nyaman ketika dianggap berbeda; bodo amat berarti Anda tidak peduli dengan kesulitan yang menghadang perjuangan Anda; dan bodo amat berarti Anda memperjuangkan sedemikian rupa hal yang Anda yakini. DOK GRASINDOBodo amat berarti Anda tetap merasa nyaman ketika dianggap berbeda; bodo amat berarti Anda tidak peduli dengan kesulitan yang menghadang perjuangan Anda; dan bodo amat berarti Anda memperjuangkan sedemikian rupa hal yang Anda yakini.
Editor Latief

KOMPAS.com - Berapa kali dalam sehari Anda melongok linimasa akun Instagram Anda? Tak terhitung?

Berapa kali dalam sehari Anda mengecek baju-baju, gawai, atau produk apa pun yang sedang "happening" di toko daring? Mungkin juga tak terhitung.

Rasa-rasanya itu adalah keseharian yang telah menjadi wajar saat ini. Walau sekilas terkesan wajar, dampaknya tak seenteng Anda kira.

Manusia modern atau yang selama ini dijuluki Generasi Milenial cenderung lebih cepat merasa tidak puas, bahkan putus asa dengan hidup mereka. Ini semua bisa diurut dari kebiasaan memakai media sosial.

Itulah yang ditangkap oleh Mark Manson, seorang bloger kenamaan asal New York. Baginya kehidupan saat ini menyediakan banyak fasilitas yang tidak pernah terbayangkan 30 tahun sebelumnya.

Ya, siapapun saat ini bisa mendapatkan ponsel dengan kekuatan setara empat buah komputer, berlangganan ratusan kanal televisi, dan bisa bepergian ke mana pun orang mau. Dalam hitungan menit, bahkan detik, semua bisa hadir di depan mata.

Namun, seiring dengan tiada terbatasnya hal-hal yang bisa diperoleh, tidak terbatas pula hal-hal yang bisa membuat orang merasa jelek, tidak sukses, putus asa, dan tidak bahagia. Seringkali, ini menyangkut hal-hal sepele.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berputar pada hal sepele

Pernah Anda terjebak dalam keresahan Anda sendiri? Merasa tidak percaya diri dengan kulit Anda yang tidak putih? Anda begitu resah, karena kenyataan itu membuat Anda merasa tidak menarik. Begitu resahnya, sampai Anda tidak habis pikir hal itu harus dipikirkan.

Nah, sejenak kemudian, Anda jadi resah karena merasa bersalah, karena harus meresahkan hal yang Anda anggap sepele. Anda mengalami dua keresahan sekaligus!

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.