Kompas.com - 27/04/2018, 15:29 WIB
Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kemendikbud dan BRI dalam pemberian fasilitas KPR bagi guru  dalam menyambut Hardiknas (27/4/2018) Dok. Kompas.comPenandatanganan perjanjian kerjasama antara Kemendikbud dan BRI dalam pemberian fasilitas KPR bagi guru dalam menyambut Hardiknas (27/4/2018)

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan guru dengan mendorong sertifikasi guru dan tunjangan profesi guru. Namun kendala kemudian muncul ketika perbaikan kesejahteraan guru tersebut perlu diimbangi dengan kemampuan negara.

"Saya percaya peningkatan mutu guru harus dibarengi dengan kebaikan kesejahteraan yang tentu harus disesuaikan dengan kemampuan negara," kata Jokowi dalam peringatan hari ulang tahun Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGRI) ke-72 dan Hari Guru Nasional 2017 lalu di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi (2/12/2017).

Tentunya diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk mengatasi hal ini.

Menyambut Hari Pendidikan Nasional, PT. Bank Rakyat Indonesia Indonesia (BRI) berupaya menunjukan komitmen tersebut untuk memajukan sektor pendidikan terutama dalam meningkatkan kesejahteraan guru.

Bersama dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTP), hari ini (27/4/2018) dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara pihak BRI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk pemberian fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi para guru.

"Tahun ini BRI bersama Kemendikbud berkomitmen untuk membantu guru yang ditugaskan di wilayah terdepan, terluar dan terisolasi (3T) di Indonesia," jelas Direktur Konsumer BRI Handayani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, pada tahap pertama BRI akan memprioritaskan program ini untuk 2.000 guru di wilayah 3T mendapatkan bantuan KPR.

Sebagai proyek percontohan akan segera dibangun perumahan KPR di wilyah guru di Kupang NTT, Papua dan Manokwari, jelasnya.

"Cluster perumahan guru ini rencananya juga akan dilengkapi dengan fasilitas jaringanWiFi untuk menunjang tugas-tugas guru," tambah Hanyani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.