Kompas.com - 30/04/2018, 13:06 WIB
Aksi dua bocah belasan tahun memereteli uang nasabah di salah satu ATM di Kota Makassar. KOMPAS.com/Hendra CiptoAksi dua bocah belasan tahun memereteli uang nasabah di salah satu ATM di Kota Makassar.

KOMPAS.com - Viral kasus pencurian uang nasabah di sebuah ATM di Kota Makassar akhirnya terungkap. Tim Khusus Polsekta Tamalanrea yang melakukan penyelidikan berhasil mengungkap identitas kedua anak perempuan yang terekam kamera CCTV.

Dihubungi Kompas.com beberapa pendidik menyampaikan keprihatinan mereka atas terjadinya peristiwa ini.

"Anak anak era digital saat ini memang sangat mudah menyerap hal-hal berbau teknologi dengan cepat," jelas Julianti Nugroho, S.Pd. Sebagai pendidik Julie merasa prihatin karena peristiwa ini merupakan gambaran jelas kondisi generasi saat ini.

"Mereka tidak bisa mengelak dengan perkembangan teknologi yang super pesat tapi adjusment itu tidak diimbangi dengan pendewasaan ahlak dan kepribadian konsisten," tambah Juli kepada Kompas.com.

Yang paling efektif mengajarkan anak supaya berkarakter adalah dengan memberi contoh dalam mengaplikasikan nilai-nilai karakter yang ditanamkan di keluarga.

Nilai-nilai apa saja yang dibutuhkan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Basic characters seperti kejujuran, welas asih, menghormati, dan sopan santun harus ditanamkan terus di keluarga," papar Juli. Dan tentunya, pendidikan karakter ini dapat dilakukan dengan memberi contoh dan pembiasaan, tambahnya.

Psikolog pendidikan Gloria Siagian, M.Psi menyampaikan keprihatinan yang senada.

"Kecerdasan itu bawaan dari lahir dan diasah melalui stimulasi, tapi karakter lebih banyak dibentuk oleh lingkungan," kata Gloria.

Tidak ada anak terlahir jadi pencuri, kalau mereka jadi pencuri sudah pasti ada  faktor lingkungan yang menjadi salah satu penyebabnya, tambahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X